Cegah Pembangunan Parsial dan Ego Sektoral

22/09/2011 0 Comments

Bappeda Ciamis Bakal Terapkan Sisrenbangda di Tahun 2012

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab. Ciamis berencana menerapkan Sistem Rencana Pembangunan Daerah (Sisrenbangda) di tahun 2012. Hal itu bertujuan untuk mencegah pembangunan yang bersifat parsial dan berbau ego sektoral.

Kepala Bappeda Kab. Ciamis, Tiwa S

Kepala Bappeda Kab. Ciamis, Tiwa S, Minggu lalu, di ruang kerjanya, mengatakan, dengan Sirenbangda, sinergitas antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), masyarakat, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Propinsi dan Pusat, akan terwujud.

Sistem tersebut lanjut Tiwa, meliputi dalam pembangunan jalan, jembatan, irigasi dan pembangunan non-fisik lainnya. Menurut dia, agenda yang akan dilaksanakan pihaknya itu sesuai dengan kandungan UU Nomer 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN).

“Semua rencana pembangunan di tingkat manapun harus didasarkan pada UU tersebut. Bappeda berfungsi sebagai pengawas perencanaan pembangunannya. Dengan harapan, ego sektoral seperti aku-akuan dari satu SKPD atau aku-akuan dari suatu daerah terhadap rencana dan pelaksanaan pembangunan bisa dihindari,” katanya.

Tiw menjelaskan, dengan Sisrenbangda, semua SKPD akan membahas rencana pembangunan bersama-sama dengan Kepala Desa, Camat serta Dewan. Dengan kata lain, semua pihak akan dilibatkan, termasuk dasar perecanaan yang harus pararel dan sinkron dengan Rencana Propinsi dan Nasional.

Masih menurut Tiwa, dengan Sisrenbangda semua rencana pembangunan akan dilakukan secara komprehensif. Tidak ada yang dominan, baik dari sisi ekonomis, politik maupun sosial, termasuk dari sisi anggaran.

Selain itu, sinergitas antar SKPD akan lebih terlihat. Contohnya seperti dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!