Cegah Penyebaran Virus Meningitis, Calhaj Kota Banjar Divaksinasi

22/09/2011 Berita Banjar
Cegah Penyebaran Virus Meningitis, Calhaj Kota Banjar Divaksinasi

Banjar, (harapanrakyat.com),- Untuk mencegah penularan dan penyebaran wabah virus meningitis, Pemerintah Kota Banjar, dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes), mengadakan vaksinasi meningtis bagi para calon jemaah haji tahun 2011.

Vaksinasi meningitis dilaksanakan di setiap puskesmas yang tersebar di empat kecamatan sesuai domisili masing-masing, yaitu Kecamatan Banjar, Purwaharja, Pataruman, dan Kecamatan Langensari.

Kasi. Epidimilogi dan Imunisasi Dinkes Kota Banjar, Kholil, SKM., Senin (19/9), mengatakan, hal itu dilakukan untuk mempermudah pemberian vaksin kepada para calon jemaah haji.

Jenis vaksin yang digunakan tahun ini adalah vaksin Menveo yang diberikan langsung oleh Kementerian Kesehatan pusat untuk selanjutnya didistribusikan ke setiap puskesmas yang ada di Kota Banjar. Jenis vaksin tersebut dinyatakan bebas dari enzim babi, dan lebih steril.

“Sudah menjadi kewajiban pemerintah memberikan vaksinasi meningitis, hal itu sesuai himbauan dari International Health Regulations, fungsinya untuk mencegah penularan dan penyebaran wabah virus meningitis bagi para jamaah yang sedang menunaikan ibadah haji, karena virus tersebut sangat mudah menular dari berbagai orang,” terangnya.

Pelaksanaannya sudah dimulai sejak hari Senin pekan lalu, yaitu di Puskesmas Langensari 1, Kecamatan Langensari. Dan untuk pelaksanaan di kecamatan lain akan menyusul berikutnya.

Dia menjelaskan, dalam hal ini pihaknya hanya memonitoring pelaksanaan vaksinasi di setiap puskesmas. Namun, Dinkes sendiri akan melakukan pemberian vaksin setelah mereka pulang dari ibadah haji, karena khawatir ada yang terjangkit virus. Berdasarkan data dari Dinkes, jumlah calon jemaah haji Kota Banjar tahun 2011 sebanyak 156 orang. (PRA)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles