Comring Kawali Tembus Pasar Kota-kota Besar

22/09/2011 1 Comment

Sebagian hasil produksi comring “Yakin Sukses” yang telah siap dijemput para pelanggan. Foto : Edji Darsono/HR.

Perhari, Pengusaha Comring Menghabiskan Bahan Baku Singkong Mencapai 6 Kwintal

Edji Darsono

Yono pengelola usaha Comor Kering (Comring) “Yakin Sukses”, asal Dusun Pari Desa Linggapura Kec. Kawali pasarkan produk camilan (makanan ringan) tradisional miliknya hingga tembus ke berbagai kota besar, seperti Bandung, Jakarta, Bogor, dan Bekasi.

Comring saat ini merupakan salah satu makanan camilan yang banyak digemari berbagai lapisan masyarakat. Saat ini, usaha yang digeluti Yono sejak enam tahun silam ini sudah membuahkan hasil yang menggirukan.

Ketika ditemui HR, di kediamannya, Jum’at (16/9), Yono mengatakan, sejak pertama membuka usaha, dia mengaku hanya membuat comring biasa saja, baik rasa ataupun bentuk.

Namun, seiring perjalanan dan permintaan pelanggan yang kian meningkat, Yono membuat inovasi dengan membuat comring bervariasi rasa. Diantaranya, rasa keju, aida, jagung bakar, balado, dan aneka rasa lainnya.

Menurut Yono, semua jenis comring yang dibuat “Yakin Sukses” diproduksi tanpa campuran bahan pengawet. Selain itu, racikan bumbu comring hasil olahannya memiliki khas tersendiri.

Saat ini saja, sedikitnya Yono harus menyediakan bahan baku singkong untuk produksi comring, mencapai 6 kwintal perhari. Jumlah tersebut luar biasa banyak, untuk kelas usaha rumahan.

Tidak hanya itu, usaha camilan “Yakin Sukses” selalu mengutamakan kepuasan para pelanggannya. Alhasil, makan ringan yang dia produksi dan siap dijual, selalu dijemput oleh pelanggan tetapnya.

Entin, istri Yono, mengungkapkan, ide membuka usaha comring “Yakin Sukses” berawal dari gagasan anaknya yang tinggal di Solo. Termasuk racikan rasa dan bentuk comring.

Baik Yono dan Entin tidak pernah mengira, bahwa usaha yang mereka jalani tersebut bakal berkembang secepat itu. Meski diakui Entin, dirinya sering kesulitan menyediakan bahan baku.

Dia menambahkan, usaha comring “Yakin Sukses” yang dirintis bersama sang suami, sudah bisa mempekerjakan 20 orang karyawan, yang berasal dari lingkungan sekitar. ***

About author

Related articles

1 Comment

  1. wisnu January 13, at 17:30

    Bisa tau kontak person, p yono pengusaha comring kawali ? Email , no hp , pin bb. ? Terima kasih

    Reply

Leave a Reply