Koleksi Buku Minim, Perpusda Ciamis Khawatir Minat Baca Menurun

22/09/2011 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Koleksi buku di Perpustakaan Daerah Kabupaten Ciamis minim. Dan kondisi itu dikhawatirkan berbagai pihak, bakal berpengaruh terhadap program peningkatan minat baca masyarakat di Wilayah Kab. Ciamis.

Kepala Perpustakaan Daerah Kab. Ciamis, Endang Sutresna, Senin (19/9), mengatakan, minimnya koleksi buku di Perpustakaan kabupaten terjadi lantaran terbatasnya jumlah anggaran pengembangan dan penambahan koleksi buku.

Endang mengutarakan, penambahan koleksi buku baik fiksi atau non-fiksi bertujuan untuk menangkap usulan dan minat baca para pengunjung. Dia juga mengakui, koleksi buku yang saat ini ada, tergolong buku-buku yang sudah lama (out of date).

Dia menyebutkan, hingga tahun 2011, koleksi buku di Perpustakaan Daerah Ciamis katgeori Non-fiksi berjumlah 18.952 judul, dengan jumlah buku 34.327 eksemplar. Sementara kategori Fiksi mencapai 4.765 judul, dengan jumlah buku mencapai 12.525 eksemplar.

Pada kesempatan yang sama, Endang mengutarakan, pihaknya sudah mengajukan anggaran kepada Pemerintah Kab. Ciamis, untuk penambahan koleksi buku, pada APBD Perubahan tahun 2011 sebesar Rp. 30 juta.

Ia mengaku khawatir, seandainya persoalan tersebut tidak segera disikapi, jumlah pengunjung berkurang dan berimbas pada minat baca masyarakat. Selain itu, minta baca juga merupakan salah satu faktor/ komponen penting dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kab. Ciamis.

“Masalah ini tidak bisa dipandang sebelah mata saja. Karena hal ini juga akan berpengaruh terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Ciamis. Dan tentunya hal ini harus didukung juga dengan ketersediaan anggaran,” tambahnya.

Endang menambahkan, pada tahun anggaran 2011, Perpustakaan Daerah hanya mendapat gelontoran dana sebesar Rp 52 juta. Dan besaran anggaran terse but belum mampu menutupi kebutuhan penbambahan koleksi buku yang dibutuhkan para pembaca.

Ditemui terpisah, Sekretaris Perpustakaan Daerah Ciamis, Wawan H, menyebutkan, jumlah anggota perpustakaan hingga kini sudah mencapai 8.859 orang, jumlah pengunjung 26.079 orang. Dengan klasifikasi, pengunjung Mahasiswa 963 orang, kalangan pegawai 158 orang dan masyarakat umum 237 orang, anggota perpustakaan keliling 695 orang. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply