Lima KUBe Warga Miskin Kota Banjar Raih Penghargaan

22/09/2011 Berita Banjar
Lima KUBe Warga Miskin Kota Banjar Raih Penghargaan

Perwakilan dari tiga Kelompok Usaha Bersama (KUBe) tengah ekspose di Aula Dinsosnaker Kota Banjar. Ekspos dilakukan dalam rangka pemilihan KUBe berprestasi tingkat Kota Banjar, Selasa (20/9). Foto : Pepep Riswanto Akbar/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Bantuan pemerintah dengan membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBe) bagi usaha warga miskin yang digulirkan Dinas Sosial Provinsi, melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Banjar, dinilai telah berhasil.

Kasi. Pengembangan Sosial Dinsosnaker Kota Banjar, Irwan, mengatakan, untuk tahun 2011 ini, pihaknya sudah membentuk lima KUBe baru di dua desa. Yaitu Desa Situbatu dan Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar.

Untuk KUBe yang ada di Desa Situbatu, usaha yang dijalankannya berbentuk jasa konfeksi terbagi dua kelompok. Sedangkan di Kelurahan Mekarsari berupa usaha warungan yang terbagi tiga kelompok. Setiap kelompok beranggotakan 10 orang, dan semuanya mampu menjalankan usahanya.

“Kemudian, KUBe yang dibentuk pada tahun lalu yaitu di Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, dengan jenis usaha warungan, dan usaha ternak sapi di Desa Neglasari, Kecamatan Banjar. Hingga saat ini masing-masing KUBe sudah bisa mengembangkan usahanya,” terang Irwan, Senin (19/9).

Sebelumnya, setiap kelompok wajib mengikuti bimbingan selama dua hari, tujuannya untuk menambah pengetahuan kelompok agar mereka bisa tepat dalam mengelola usahanya.

Masing-masing kelompok juga wajib memiliki rekening di bank, karena penyaluran uang bantuan untuk permodalan diberikan langsung oleh pemerintah provinsi melalui rekening kelompok.

Sedangkan, pihaknya hanya memonitoring dan memberikan arahan dalam penggunaan dana bantuan tersebut. “Dengan berjalannya program KUBe, kami berharap   masyarakat miskin di Kota Banjar mampu meningkatkan kesejahteraan hidup keluarganya,” kata Irwan. (PRA)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles