Minim Area Parkir, Pemdes Panjalu Ajukan Lahan Eks Kantor Kecamatan

22/09/2011 0 Comments

Lokasi eks Kantor Kecamatan yang rencananya akan dijadikan lahan parkir kawasan wisata Situ Lengkong Panjalu yang diajukan Pemdes Panjalu kepada Pemkab. Ciamis. Foto : Edji Darsono/HR.

Pengunjung Situ Lengkong Panjalu Sering Membludak, Lahan Parkir Menjadi Kendala

Panjalu, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Desa Panjalu Kec. Panjalu mengajukan kepada Pemkab. Ciamis agar lahan eks Kantor Kecamatan bisa dijadikan lahan parkir wisata Situ Lengkong. Paalnya, area parkir di kawasan tersebut tergolong sempit.

Kaur Ekbang Desa Panjalu, Rahmat. S,  Kamis (15/9), mengatakan, pihaknya mempunyai rencana untuk memperluas lahan parkir wisata situ lengkong agar memadai jumlah kendaraan pengunjung saat membludak.

Rahmat mengungkapkan, rencana perluasan tersebut meliputi lahan yang saat ini berada di eks kantor Kec. Panjalu. Menurut dia, lonjakan pengunjung yang membawa kendaraan baik pribadi atu sewaan (bus) seringkali tidak tertampung.

Akibatnya, mereka terpaksa memarkir kendaraan di ruas jalan. Padahal, penggunaan ruas jalan untuk parkir sangat mengganggu kelancaran arus lalu lintas di jalur yang tergolong ramai tersebut.

Dia melanjutkan, perluasan lahan parkir yang representatif sudah diajukan pihaknya kepada Pemerintah Daerah Kab. Ciamis beberapa tahun silam. Namun sampai saat ini, respon dan tanggapan yang diharapkan Pemdes Panjalu belum terdengar.

Rahmat menegaskan, jika area parkir wilayah situ Panjalu dipelruas, maka bukan hanya PAD yang bertambah dan kenyamanan pengunjungnya saja, melainkan wajah dan tata ruang kawasan tersebut juga bakal lebih menarik.

Seorang pedagang yang biasa mangkal di kawasan tersebut, dan namanya enggan dikorankan, mengungkapkan, seandainya kawasan wisata Situ Panjalu memiliki lahan parkir luas, tentunya berpengaruh pada jumlah pengunjung.

Pengunjung asal Jawa Timur (Jatim), Maryono, mengatakan, seyogyanya kawasan Obyek Wisata Situ Lengkong Panjalu memiliki lahan parkir luas dan representatif. Sebab para pengunjung yang datang umumnya selalu menggunakan Bus sewaan. (Dji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply