Mustahidin; Masyarakat dan PEPABRI Harus Jaga Empat Pilar RI

22/09/2011 0 Comments

Ketua DPD PEPABRI Propinsi Jawa Barat, Dedem Ruchlia, berbincang dengan Bupati Engkon Komara, seusai peringatan HUT PEPABRI ke-52. Foto : Dicky Haryanto Adjid/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan POLRI (PEPABRI), menghimbau agar anggota PEPABRI dan masyarakat Ciamis terus berkiprah dalam menjaga empat pilar republik indonesia, meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Hal itu disampaikan Ketua DPD PEPABRI Kab. Ciamis, H. Mustahidin, pada peringatan HUT PEPABRI ke-52, di Gedung Islamic Center Ciamis, pekan lalu. Dia juga meminta agar masyarakat Kab. Ciamis terus memupuk semangat kejuangan dalam membela tanah air, meski perkembangan jaman terus mengalami peningkatan.

“Sekali Pejuang tetap Pejuang, nilai ini yang harus terus ditanamkan oleh PEPABRI dan masyarakat luas supaya Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika tetap berdiri kokoh di Republik tercinta ini,” katanya.

Mustahidin menambahkan, dalam konteks bernegara dan berbangsa, PEPABRI memposisikan diri sebagai kekuatan moral dan kekuatan sosial, dengan mengedepankan cara-cara konstitusional dan demokratis.

“Intinya persatuan dan kesatuan adalah nilai yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Tidak mungkin semangat PEPABRI luntur ditelan usia. Yang ada, kami akan terus berupaya untuk memompa semangat perjuangan kepada generasi penerus. Karena sebagai pensiunan Tentara dan Polri, kami titipkan bangsa ini kepada mereka,” paparnya.

Dalam sambutan tertulisnya, Ketua DPD PEPABRI Pusat, Jend. Purn. H. Agum Gumelar mengatakan, bahwa perjalan bangsa Indonesia saat ini memerlukan pondasi persatuan dan kesatuan, termasuk unsur PEPABRI di dalamnya.

Sementara itu, Ketua FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI Polri ) Kab. Ciamis, Triayana, S. Sos, di sela-sela acara, mengungkapkan, bahwa sinergitas PEPABRI dengan elemen lainnya harus terus terjalin, untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdasar pada Pancasila, UUD 1945 dengan berlandaskan pada NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Acara HUT PEPABRI ke-52 yang digelar oleh PEPABRI DPD Ciamis, pada Senin (12/9), di Aula Gedung Islamic Center tersebut dihadiri Bupati Kab. Ciamis, H. Engkon Komara, Danrem 062/ TNI Kolonel Inf. Asrobudi, Komandan Kodim 0613/ Ciamis, Letkol Inf. Asep Djunaedi, Kapolres Ciamis, AKBP Agus Santoso S.Ik, beserta perwakilan DPD PEPABRI Pusat dan Ketua DPD PEPARI Jabar, H. Dedem Ruhlia, serta undangan lainnya.

Dalam acara tersebut, Iring-ingan Bupati disambut oleh Barisan FKPPI dan seni lengser yang menarik perhatian undangan. Dari data yang didapat HR, anggota PEPABRI yang terdaftar di Kab. Ciamis saat ini, berjumlah sekitar 3000-an orang. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!