Pengembangan Usaha Bibit Tanaman Tersendat Permodalan

15/09/2011 0 Comments

Jenis tanaman cengkih yang dijual Arifin Rahman di Jl. Raya Kawali - Panjalu. Foto : Hendaya/HR.

Kawali, (harapanrakyat.com),- Usaha bidang bibit tanaman, baik tanaman perkebunan atau tanamah holtikultura, kini menjadi trend bagi penggemar tanaman. Apalagi, jika ada sejumlah tanaman yang banyak `diburu` oleh penggiat tanaman.

Arifin Rahman (56), pengusaha bibit tanaman, di Jl Raya Kawali-Panjalu, ketika ditemui HR, Minggu (11/9), mengatakan, dirinya memiliki lahan pembibitan seluas kurang lebih 1000 meter.

Dia mengaku sudah menggeluti usaha bibit tanaman sejak tujuh tahun silam. Beberapa bibit tanaman yang dia jual diantaranya seperti Cengkih, Manggala, Albasiah, Salamon, Jati, Kaliptus, Manglip, Alkasia, Antela, Mahoni, Ganelin dan tanaman buah.

Kepada HR, Arifin mengaku memiliki pelanggan tetap dari berbagai daerah seperti Rancah, Rajadesa, Ciawi, Malangbong, Sumedang dan Jonggol. Dia menjual bibit-bibit tanaman tersebut dengan cara berkeliling.

Berkat usaha itu, Arifin sudah bisa merekrut para tetangganya, dan pekerjaan tersebut sebagai tambahan penghasilan mereka. Meski begitu, dalam hal pengembangan usaha, dia mengaku masih terkendala permodalan.

Arifin berharap, usaha yang selama ini dijalankannya bisa membantu mensejahterakan masyarakat sekitar. (Hendaya)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply