Pos PAM Gabungan Catat Arus Balik Jalur Selatan Capai 34.579 Kendaraan

10/09/2011 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Berdasarkan data kuat arus balik yang dihitung per jam di Pos PAM Gabungan Jabar-Jateng di daerah Cijolang, Kota Banjar, puncak arus balik terjadi pada H + 4 Lebaran, Minggu (4/9), yaitu mencapai 34.579. Jumlah tersebut diperoleh selama 1 x 24 jam.

Kapolresta Banjar selaku KA. Ops. Res. AKBP. Tedi Hermansyah, SIK., melalui Waka. Pos PAM, sekaligus Kasatgas. Gabungan Preventif, Iptu. Kosasih, SIP., mengatakan, Senin (5/9), bahwa jumlah sebanyak itu didominasi oleh kendaraan roda dua (sepeda motor).

Sedangkan, pada waktu arus mudik, puncak kepadatan kendaraan terjadi saat H – 2 Lebaran. Namun, jumlahnya jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan puncak arus balik, yaitu hanya 8.467 kendaraan, terdiri dari roda dua dan empat.

Kemudian, selama arus mudik maupun balik pada masa Lebaran tahun ini, tingkat kecelakaan lalu-lintas yang terjadi di Jalur Selatan wilayah hukum Polresta Banjar cukup rendah.

Yaitu sebanyak 6 kejadian tabrakan, dengan jumlah korban jiwa dua orang, satu orang diantaranya korban tabrak lari. Sementara korban lainnya hanya mengalami luka ringan.

Di tempat terpisah, Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informasi dan Pariwisata (Dishubkominfopar) Kota Banjar, Yayan Herdiaman, SH., mengatakan, jumlah kecelakaan pada masa Lebaran tahun ini tidak ada perbedaan yang menonjol dengan tahun sebelumnya, bahkan menurun.

Yayan mengaku, hal itu karena kekompakan petugas yang berjaga di setiap titik rawan kecelakaan dengan memberikan himbauan kepada para pengendara agar mentaati rambu lalu-lintas.

“Kami bersama pihak kepolisian sudah berupaya mengantisipasi terjadinya kecelakaan-kecelakaan, terbukti jumlah kecelakaan tahun ini menurun. Dan setiap tahun kami usahakan bisa meminimalisir, bahkan berupaya agar tidak ada kecelakaan,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan melakukan evaluasi untuk mempersiapkan masa arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2012 nanti. Sehingga, dapat diketahui apa saja kekurangan tahun ini yang harus lebih ditingkatkan di tahun mendatang. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!