Raih RW Sehat se-Jabar

29/09/2011 0 Comments

Dinkes Kab. Cianjur Studi Banding ke Desa Situbatu

Banjar, (harapanrakyat.com),- Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur melakukan studi banding ke Desa Situbatu, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, mengenai bagaimana caranya Desa Situbatu bisa meraih juara I sebagai RW Sehat tingkat provinsi, Kamis (22/9). Sebelumnya, kegiatan serupa juga pernah dilakukan Kota Cimahi.

Ketua Tim Studi Banding Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Dr. Elvira, saat ditemui HR di sela-sela kegiatannya mengatakan, dirinya datang ke Desa Situbatu dengan membawa rombongan sebanyak 50 orang.

Jumlah sebanyak itu dibagi menjadi dua bagian, diantaranya ada yang mengunjungi lokasi RW Sehat, dan sebagian lagi berkunjung ke kantor desa untuk mencatat struktur serta program RW Sehat secara detail.

“Desa Situbatu menjadi sasaran kami untuk mengkaji bagaimana caranya agar kami bisa meraih sukses menjadi RW Sehat. Setelah kami pelajari, ternyata untuk bisa mewujudkan RW Sehat itu memerlukan kebersamaan, serta keterpaduan dari beberapa komponen,” kata Elvira.

Menurutnya, di Desa Situbatu, pihak pemerintah maupun masyarakatnya memiliki semangat tinggi dalam rangka mensukseskan program pemerintah. Semuanya serempak dan berkesinambungan, sehingga bisa membuahkan kinerja yang baik.

Atas kekompakan serta kesadaran masyarakat yang begitu tinggi, kata dia, pihaknya mengaku kagum dan salut. Selain itu, dari mulai kerapihan stuktur pengurus hingga pengadministrasiannya tersusun rapih.

“Hal tersebut masih jauh berbeda dengan di lingkungan kami. Mungkin karena lingkungannya kabupaten, atau mungkin juga akibat luas wilayahnya yang menjadi salah satu kendala kami,” ujarnya.

Untuk mencapai menjadi RW Sehat memang harus memerlukan waktu lama. Tapi pihaknya berharap, setelah bersilaturahmi dan menyerap ilmu dari RW Sehat di Desa Situbantu, Kota Banjar, kedepan Kabupaten Cianjur juga bisa meraih RW Sehat. (AM)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!