SMK Negeri 1 Ciamis

30/09/2011 0 Comments

Sarana Ekskul Lengkap, Upaya Penggalian Potensi Bakat Siswa

Lia Ayu (tengah), siswi kelas 11 jurusan Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 1 Ciamis, saat menjadi tim inti Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) pada Peringatan HUT RI 2011 di tingkat Jawa Barat. Prestasi ini merupakan ketiga kalinya bagi siswi SMK Negeri 1 Ciamis. Foto : Subagja Hamara/HR.

Sebagai upaya penggalian potensi kemampuan individu siswa dan juga mengakomodir minat siswa dalam kegiatan non akademik, SMK Negeri 1 Ciamis memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan ekstrakulikuler (Ekskul). Maka tak heran, apabila SMK yang berstatus RSBI ini kerap mendulang prestasi di berbagai event kejuaraan di bidang non akademik.

Kepala SMK Negeri 1 Ciamis, Drs. H. Hadi Sumantoro, M.Pd, didampingi Wakasek Kesiswaan SMK Negeri 1 Ciamis, Imam Putra, S.Pd, mengatakan, dalam peningkatan mutu pendidikan, siswa tidak hanya diasah kemampuannya dalam bidang akademik semata, tetapi minat siswa di bidang non akademik pun harus ikut didorong.

“ Dengan begitu, seluruh kemampuan siswa akan tergali dengan baik. Juga secara tidak langsung akan mengarahkan siswa ke dalam kegiatan positif untuk perkembangan karakter pribadinya,” ujarnya, kepada HR, di kampus SMK Negeri 1 Ciamis, pekan lalu.

Imam menjelaskan, untuk mendukung pengembangan bakat dan minat siswa di bidang non akademik, pihaknya telah melengkapi seluruh sarana dan prasana masing-masing kegiatan ekstrakulikuler.

“ Seluruh perangkat atau fasilitas peralatan untuk menunjang kegiatan ekstrakulikuler, kita sediakan secara lengkap, termasuk menyediakan ruangan untuk sektretariat masing-masing bidang ekstrakulikuler. Kita lengkapi seluruh fasilitas agar siswa yang mengikuti ekstrakulikuler merasa nyaman,” ujarnya.

Waktu kegiatan ekstrakulikuler, lanjut Imam, dilakukan setelah jam pelajaran di kelas selesai. “ Kegiatan ekstrakulikuler ini pun dikemas menjadi sarana refresing bagi siswa setelah seharian belajar di kelas. Makanya, kita pun menyediakan fasilitas pendukung lainnya, seperti layanan hotspot internet dan fasilitas warnet secara gratis, “ ujarnya.

Menurut Imam, apabila sarana bermain siswa dilakukan di dalam sekolah, tentunya akan lebih terarah untuk melakukan aktivitas yang positif. “ Makanya, banyak orang tua siswa tidak merasa khawatir, jika anaknya bermain di sekolah. Ketika siswa bermain di sekolah, tinggal pilih saja sesuai minat dan bakat, akan mengikuti ekstrakulikuler di bidang apa,” terangnya.

Di sekolahnya, kata Imam, ada 10 bidang ekstrakulikuler. Yakni, PKS, Paskibra, Pramuka, Kharisma (sanggar seni), English Club, Olahraga Prestasi, PMR, Club Matematik, KWH (Kewirausahaan).

“ Ada dua bidang, seperti Kharisma dan Olahraga Prestasi yang memiliki anak cabang ekstrakulikuler. Seperti Kharisma, ada anak cabang di bidang seni karawitan, kosidah dan grup band. Sementara Olahraga Prestasi ada anak cabang sepakbola, basket, gulat, tenis meja, bulutangkis dan olahraga prestasi lainnya,” paparnya.

Sementara prestasi di kejuaraan non akademik pun sangat membanggakan. Dalam satu bulan terakhir saja, ada beberapa kejuaraan yang berhasil diraih oleh siswa SMK Negeri 1 Ciamis. Sebut saja, juara 1 English Club tingkat SMK se- Kab. Ciamis dan juara the best speaker (perorangan) se-Priatim, juara 1 pidato IRMA se- Kab. Ciamis, juara 2 Basket Piala Perbasi Ciamis untuk tim putra dan putri.

Prestasi yang paling membanggakan dalam sebulan terakhir, yakni Lia Ayu siswi kelas 11 jurusan Akomodasi Perhotelan di sekolah ini, terpilih sebagai tim inti Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) pada Peringatan HUT RI 2011 di tingkat Jawa Barat. Prestasi ini merupakan ketiga kalinya bagi siswi SMK Negeri 1 Ciamis. Karena beberapa tahun sebelumnya, sudah dua kali tim inti Paskibra di tingkat Provinsi diambil dari sekolah ini. (Subagja Hamara)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply