Trend Tanaman Hias Bergeser ke Tanaman Buah-Buahan

30/09/2011 Berita Banjar
Trend Tanaman Hias Bergeser ke Tanaman Buah-Buahan

Bibit tanaman buah belimbing termasuk paling laku dipasaran. Foto : Pepep Riswanto Akbar/HR.

Cepat berbuah sangat digandrungi konsumen

Banjar, (harapanrakyat.com),- Untuk memperindah halaman rumah, kini masyarakat tidak hanya menanam tanaman hias saja, namun mereka mulai tertarik pada jenis tanaman buah-buahan yang bisa dipetik sendiri dan langsung dimakan, salah satu contohnya adalah pohon lengkeng.Hal itu dikatakan Kepala UPT Balai Benih Padi dan Bibit Dinas Pertanian Kota Banjar, Yaya Mulyana, Senin (26/9). Menurutnya, saat ini banyak masyarakat membeli tanaman buah-buahan yang sudah berbunga. Tingginya permintaan pasar, maka setiap hari pihaknya menugaskan pegawai khusus untuk mengurusi tanaman buah-buahan.

Pasalnya, di UPT Balai Benih Padi dan Bibit menyediakan berbagai macam bibit tanaman buah-buahan yang siap berproduksi, sekaligus dapat dijadikan hiasan pekarangan rumah.

“Jenis tanaman yang paling laku diantaranya lengkeng, durian dan belimbing. Namun rata-rata mereka menginginkan pohon yang sudah berbunga, sehingga tidak perlu lama untuk memanennya,” jelas Yaya.

Dia juga menjelaskan, semua jenis tanaman yang dijual sudah teruji dan layak dipasarkan, karena bibit tanaman diambil dari pohon induk yang berada di penangkaran. Contohnya jenis tanaman durian, dengan tinggi hanya 1 meter, serta usianya 1,5 tahun sudah berbunga dan akan menjadi buah. Begitu pula tanaman lengkeng.

Selain itu, di UPT Balai Benih Padi dan Bibit juga menyediakan tanaman jenis anggur, tapi jumlahnya masih terbatas, karena menurut Yaya jenis tanaman tersebut lambat untuk berbuah.

Meski demikian, saat ini pihaknya sedang berupaya mencari terobosan baru supaya bisa berbuah dengan cepat. Kemudian, Yaya juga berharap tanaman yang dijual dapat berbuah sepanjang musim. (PRA)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles