Aktifitas Warga Tinggi, Jembatan Cirukem Minta Segera Diperbaiki

13/10/2011 0 Comments

Jembatan Cirukem rusak hampir 2 tahun, bahkan sering mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Namun, sampai saat ini, perhatian pemerintah Kabupaten Ciamis belum ada. Foto : Edji Darsono/HR.

Panawangan, (harapanrakyat.com),- Warga Dusun Cirukem Desa Kertayasa Kec. Panawangan meminta Pemkab. Ciamis memperbaiki dan membangun kembali jembatan Cirukem secara permanen. Pasalnya, jembatan yang saat ini kondisinya rusak itu, hanya diperbaiki warga secara tradisional, yakni dengan batang kayu.

Kosim (73), warga Cirukem, belum lama ini, mengatakan, banyak pengendara roda dua dan empat yang melintasi jembatan tersebut. Namun, karena kondisinya demikian, para pengendara terpaksa harus sangat berhati-hati ketika melewatinya.

Pada kesempatan itu, Kosim berharap, Pemkab. Ciamis memberikan bantuan perbaikan kembali jembatan Cirukem yang rusak sejak 2 tahun silam, sebelum jembatan tersebut menimbulkan kecelakaan dan memakan korban.

Tidak hanya itu, Kosim juga menyebutkan, jembatan Cirukem merupakan satu-satunya jalur alternatif antar desa yang menghubungkan Desa Kertayasa dan Desa Kertajaya.

Menurut Kosim, jembatan Cirukem merupakan sarana infrastruktur yang sangat membantu kelangsungan aktifitas warga sehari-hari, perekonomian, perkebunan dan pertanian. Selama jembatan itu dibiarkan rusak, aktifitas warga akan terhambat.

Senada dengan itu, Ade, warga yang tinggal tidak jauh dari jembatan Cirukem, mengatakan, masyarakat sudah mencoba berinisiatif denga melakukan perbaikan secara swadaya, dengan menggantikan bantalan jembatan menggunakan gelondongan kayu-kayu besar.

Namun, kata Ade, bantalan kayu yang dipasang warga tidak bertahan lama, karena mobil-mobil pengangkut hasil bumi dengan beban berat, sering berlalu-lalang dan melintasi jembatan tersebut. (dji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!