BMT Miftahussalam Berikan Solusi Masalah Keuangan Masyarakat

14/10/2011 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Baitul Maal Wa Tanwil (BMT) Miftahussalam Ciamis merupakan Lembaga keuangan mikro berbasis syariah, sudah teruji dalam melayani masalah perekonomian juga keuangan para anggota dan nasabah.

Kepala BMT Miftahussalam, Dadan Afif Hamdan, S.Ag, Minggu lalu, mengatakan, BMT Miftahussalam, beralamat di jalan Jl. H. Ubad No. 94 Handapherang ini berdiri tahun 1997, melalui Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Usaha Kecil RI No. 305/BH/KWK 10/VII/1997.

Menurut dia, saat ini jumlah anggota mencapai 2694 orang. BMT Mistagussala, juga melayani berbagai produk keuangan mikro syariah, seperti Simpanan dan Pembiayaan.

Dia menyebutkan, untuk simpanan terdiri dari, Simpanan Mudharobah, Simpanan Idul Fitri, Simpanan Qurban dan Simpanan Walimah. Sementara untuk pinjaman terdiri dari pembiayaan piutang dagang, operasional usaha/ proyek, gaji karyawan, pembelidan dan persediaan barang dagangan, pembiayaan produksi usaha.

Tidak hanya itu, BMT Mistahussalam juga mengeluarkan produk layanan Investasi sektor produktif usaha mikro dan kecil. Kebutuhan investasi usaha ini memiliki plafon maksimal Rp 100 juta.

“Ada juga layanan pembiayaan konsumtif Multiguna untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan keluarga yang bersifat non-produktif,“ kata Dadan.

Dadan menjelaskan, produk pembiayaan Investasi itu juga meliputi soal pembayaran sewa ruang usaha, kendaraan, perbaikan fasilitas usaha, dan pembelian fasilitas usaha/ alat produksi.

“Kalau Pembiayaan Multiguna, biasanya untuk pembelian sepeda motor, peralatan elektronik dan rumah tangga, membayar biaya pendidikan, dan membayar biaya kesehatan,” terangnya.

Produk lainnya yang bisa diakses di BMT Miftagussalam, lanjut Dadan, berupa Pembayaran Tagihan Telepon, PLN, Pulsa, Pengiriman Paket bekerjasama dengan Pahala Ekspress, Faximile, Transfer antar bank, dan termasuk layanan sektor Rill di bidang pertanian dan peternakan.

“Layanan Sektor Riil yang sudah kami lakukan seperti Budidaya Jamur Merang dan Tiram, Sapi dan Domba Potong, ternak Ayam Petelor, Ayam Ras, Perkebunan Jagung, Penyemaian Albasiah, Kopra Kelapa dan Tanaman Hias,” Imbuhnya. (dk)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply