Kampanye Imunisasi Campak Serentak di 36 Puskemas

14/10/2011 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Gerakan Nasional Imunisasi Campak secara serentak akan dilakukan pada tanggal 18 Oktober di 36 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Kab. Ciamis. Imunisasi yang akan dilakukan terhadap 95.182 Bayi Lima Tahun (Balita), akan digelar selama satu bulan.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Ciamis, dr. H. Yoyo, M.Kes, Selasa (11/10), mengatakan, Gerakan Nasional tersebut akan melibatkan UPTD Puskesmas dan Posyandu serta Unsur Muspika di masing-masing kecamatan.

Yoyo menyebutkan, proram imunisasi tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan (SK) Menteri Kesehatan (Menkes) RI No. 482/Menkes/IV/2010 tentang Gerakan akselerasi Imunisasi Nasional.

“Tujuan dari Gerakan Nasional tersebut adalah untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian pada balita. Padahal, Penyakit itu dapat dicegah dengan Imunisasi. Data tahun 2011 menyebutkan, penderita campak di Kab. ciamis mencapai 23 orang,” katanya.

Yoyo menambahkan, kampanye Gerakan Nasional Imunisasi Campak akan disosialisasikan oleh Tim Penggerak PKK Kab. Ciamis, yang dimotori Hj.Tri Astuti Komara, Kamis (13/10), di Aula  Kantor Dinkes.

“Gerakan ini lebih efektif jika melibatkan unsur Penggerak PKK di Masing-masing kecamatan,” paparnya.

Ditemui terpisah, Kepala Puskesmas Kawali, dr. Harun Al-Rasyid, Sabtu (8/10), mengatakan, pihaknya sudah bersiap-siap merealisasikan kegiatan tersebut, bersama 30 Posyandu dan Posyankes se-Kec. Kawali.

Menurut Harun, di wilayah kerjanya, penderita penyakit campak belum teridentifikasi. Meski begitu, pihaknya akan mendukung sosialisasi program Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I).

di kemudian hari. Makanya kami akan melibatkan semua lini yang ada di Pemerintahan dan Masyarakat termasuk RT dan RWnya.” Paparnya.

Harun menghimbau, kepada para orang tua yang memiliki balita, untuk mengikuti kegiatan  tersebut. Dengan harapan, agar kesehatan Balita dapat terjaga hingga dia dewasa kelak. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply