KWT Karya Mukti V Berhasil Juarai P2KP Tingkat Provinsi

14/10/2011 1 Comment

KWT Karya Mukti V Desa Gereba sedang diberi arahan oleh Ketua KWT, Icih Hendarsih, saat persiapan monitoring dari Provinsi Jawa Barat. Foto : Hendaya/HR.

Cipaku, (harapanrakyat.com),- Kelompok Wanita Tani (KWT) Karya Mukti V, Dusun Nanggerang, Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, terpilih sebagai juara Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) tingkat Jawa Barat pada bulan lalu, dan berhak mewakili Jawa Barat untuk maju ke tingkat nasional.

Ketua KWT Karya Mukti V, Icih Hendarsih, saat ditemui HR, di sela-sela acara penilaian, Kamis (6/10), mengatakan, pihaknya optimis untuk bisa maju ke tingkat nasional karena semua kelompok wanita tani beserta masyarakat ikut mendukung kegiatan P2KP.

Lantaran, selain bertani, KWT juga dapat memanfaatkan bahan baku dari hasil taninya, seperti membuat keripik, es ubi jalar, kerupuk dan basreng. Bahkan, pemasaran hasil makanan olahannya sudah sampai ke Tanggerang dan Bogor.

Menurut Icih, anggota KWT Karya Mukti V mempunyai anggota sebanyak 39 orang, dan memiliki lahan pertanian seluas kurang lebih 7 hektare.

Ditemui di tempat terpisah, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Ewo Kustiawan, mengaku, pihaknya selalu memicu KWT Karya Mukti V binaannya yang berada di Dusun Nanggerang, Desa Gereba, dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat dalam rangka pemanfaatan pangan lokal.

“Dengan mengkonsumsi pangan lokal bergizi, beragam dan berimbang, maka hal itu dapat meningkatkan pendapatan keluarga tani,” ucapnya.

Ewo menambahkan, penilaian dilakukan oleh tim monitoring dari Jawa Barat diantaranya yaitu dari segi administrasi, dan lapangan kegiatan yang menyangkut intensivikasi tanaman pekarangan, meliputi sayuran, buah-buahan dan pangan lokal, serta kegiatan kelompok dalam home industri.

Sementara itu, Bina Produksi Setda Jawa Barat, Ir. Dince, mengatakan, bahwa KWT Karya Mukti V berharap bisa lolos untuk utusan ke tingkat nasional dari Jawa Barat.

“Insya Allah tanggal 14 Oktober nanti akan diberikan penghargaan dari Gubernur Jawa Barat di Bandung. Mudah-mudahan KWT ini lebih maju hingga pendapatan para anggota kelompok pun lebih meningkat,” katanya.

Ditempat yang sama, Ai Tika (35) salah seorang anggota kelompok KWT Karya Mukti V, mengaku bangga pihaknya mampu menjadi juara tingkat Jawa Barat, sehingga bisa memabawa harum nama desanya. “Mudah-mudahan ke tingkat nasional pun kami bisa lolos,” harapnya. (Hendaya)

About author

Related articles

1 Comment

  1. riki October 29, at 23:26

    maaf pak. bila bapak memerlukan pupuk organik saya ada stok banyak,asli dari kotoran sapi,di olah tanpa bahan kimia.,kira2 stoknya ada ratusan ton.,mohon di bantu pemasarannya.,trimakasih,salam succes. pone.087720204018.,riki

    Reply

Leave a Reply