Meski Kemarau, Sumur Ampel Tidak Mengering

13/10/2011 0 Comments

Warga Dusun Balemoyan Desa Mekarjaya sedang mengambil air di sumur ampel yang sudah sekitar 20 tahun dimanfatkan warga. Foto : Eli Suherli/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Meski kemarau panjang melanda, dan minimnya aliran air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Ciamis, sumur Ampel yang berada di wilayah Balemoyan Desa Mekarjaya tetap mengeluarkan air, untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat.

Oyo Waryo, warga Balemoyan, Sabtu (1/10), mengatakan, warga yang di wilayah tersebut memanfaatkan air sumur ampel untuk kebutuhan sehari-hari. Menurut Oyo, sejak 20 tahun silam, air sumur ampel terus keluar dan tidak pernah mengering.

Kepada HR, Oyo mengutarakan, hampir seluruh warga RT 05/ 01 mengambil air dari sumur ampel, yang berukuran satu meter, dengan kedalaman setengah meter . Masing-masing warga membawa 2 buah ember ukuran falkon.

Senada dengan itu, Ibeng, menceritakan, dulunya, sumur ampel dibuat untuk dijadikan tempat penampungan air saja. Namun, di muism kemarau ini, keberadaanya sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Kepala Desa Mekarjaya, Asep Nugraha, berharap, sumur ampel tersebut bisa membantu warga yang membutuhkan air bersih sehari-hari. Untuk itu, dia juga menghimbau agar ketersediaan air di sumur itu dimanfaatkan sebaik-baiknya. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply