Pohon Pisang Aneh, Berjantung dan Bertandan Empat

27/10/2011 0 Comments

Pohon pisang ‘aneh‘ yang ditemukan warga Sukadana. Pohon ini memiliki empat jantung dan tandan. Foto : Dicky Haryanto Adjid/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Belum genap dua minggu setelah penemuan Ubi Boled berberat 21 KG yang menghebohkan di Dusun Margadanu, Desa Margaharja, Kecamatan Sukadana. Kini tak jauh dari lokasi penemuan Boled tersebut  ditemukan kembali, pohon pisang “aneh” jenis Ambon yang mempunyai empat jantung dan empat tandan atau turuy.

Pohon pisang berjantung empat dengan tiga cabang buah tersebut, ditemukan di pekarangan rumah Lili, warga RT 03/ 04, Dusun Cijoho, Desa Margaharja, Kec. Sukadana. Menurut Lili, sejak pertama berbuah, pohon pisang tersebut sudah menunjukkan keanehan.

“Generasi pertama pohon pisang ini membuahkan dua tandan, kemudian tiga tandan dan terakhir generasi ketiga dengan empat tandan,” tuturnya.

Lili mengungkapkan, pohon pisang aneh milkinya mempunyai tinggi 2 meter, berumur dua tahun. menurut dia, pohon pisang tersebut berasal dari bibit pisang ambon biasa yang didapatnya dari wilayah Cisaga.

Dia mengutarakan, awalnya dia tidak akan melaporkan perihal keanehan pohon pisang milknya itu. Namun setelah penemuan boled seberat 21 kilogram di wilayahnya menjadi pemrbincangan, dia berinisiatif memberitahukannya kepada pihak desa.

“Maksud saya, siapa tahu saja ada pihak yang ingin meneliti keanehan pohon pisang untuk kepentingan ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Ditemui terpisah, Camat Sukadana, Drs. H. Erwin, mengungkapkan, fenomena keanehan pohon pisang berjantung empat dan bertandan empat di wilayahnya tersebut bisa jadi akibat faktor kesuburan tanah atau faktor genetis dari tanaman pohon.

“Yang jelas, harus ada penelitian lebih lanjut dari kalangan akademisi atau Dinas Pertanian, soal keanehan sejumlah tanaman yang ada di wilayah Sukadana,” pungkasnya. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!