Siswa SMAN 1 Ciamis Juarai LCT Matematika Se-Jabar dan Banten

27/10/2011 0 Comments

Tidak hanya Tim Matematika yang kerap menjadi keunggulan SMAN 1 Ciamis dalam menggali minat dan bakat Siswanya, namun Tim Basket pun kerap menjuarai berbagai event baik di Tingkat Kabupaten maupun Propinsi. Foto : Dicky Haryanto Adjid/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),Tiga siswa SMAN 1 Ciamis meraih juara pertama dalam LCT (Lomba Cepat Tepat) Matematika tingkat SMA se-Jabar dan Banten yang diselenggarakan oleh Himpunan Matematika Universitas Siliwangi (Unsil), Sabtu dan Minggu, 15-16 Oktober 2011, di Kampus Unsil Tasikmalaya.

Ketiga siswa tersebut adalah Farras Azis, Refi Rizki R dan Bela Amelia dari kelas XII/ IPA-2 SMAN 1 Ciamis. Tim SMAN 1 Ciamis tersebut berhasil menyisihkan 91 regu dari SMA se-Jabar dan Banten.

“Kami bertiga adalah Tim Matematika SMAN 1 Ciamis, yang sejak masuk di sekolah ini sudah digembleng untuk menguasai matematika baik untuk keperluan akademisi ataupun untuk perlombaan,” ungkap Farras, beberapa waktu lalu kepada HR.

Farras menambahkan, pihaknya tidak merasa grogi menghadapi lawan-lawan tangguh dari berbagai kota dan Kab se-Jabar  dan Banten tersebut.

“Pada dasarnya kami menyukai matematika, dan bagi kami matematika bukan sesuatu pelajaran yang harus ditakuti, karena pelajaran tersebut ada dalam kehidupan sehari-hari kami,” katanya.

Tanggapan senada disampaikan anggota lainnya, Bela Amelia, bahwa dirinya bersama dua rekannya akan terus berupaya menggali ilmu matematika untuk bekal kehidupan mereka kelak.

“Meskipun Juara bukan merupakan targetan utama kami, namun kami berusaha menjadikan matematika sebagai pelajaran yang kami sukai, bagaimana mau mempelajari kalau tidak mencintai terlebih dahulu,” katanya.

Ditemui terpisah, Nadio, pembimbing sekaligus Guru Matematika SMAN 1 Ciamis, mengatakan, Tim Matematika sudah dibentuk sejak para siswa tersebut mulai masuk menjadi siswa SMAN 1 Ciamis.

“Jadi kami tidak membentuk Tim kagetan, karena arah dan orientasi pembinaan SMAN 1 baik untuk Matematika ataupun bidang lain harus sistematis dan terprogram,” jelasnya.

Selain meraih Juara Pertama LCT Matematika Se-Jabar dan Banten, baru-baru ini SMAN 1 Ciamis meraih juara Juara Pertama Lomba Apresiasi Bahasa dan Sastra dan Seni Daerah Tingkat Jawa Barat Tahun 2011, atas nama Lilies L, siswi Kelas XI/ IPS-2.

Pada kesempatan berbeda, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Drs. Edi Kosasih, MP.d, mengatakan, pembinaan yang terprogram dan sistematis berdasarkan standar mutu pendidikan disekolahnya adalah berlaku secara umum.

“Tidak hanya untuk Tim Matematika saja, melainkan TIM Seni atau Volley Ball dan Basket event-event lainnya. Karena potensi para siswa yang masuk ke sekolah ini langsung kami bina,” pungkasnya. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply