Tindak Lanjut Tata Kelola Hotel Pananjungsari

13/10/2011 1 Comment

Disbudpar Tawarkan Konsep Pengembangan Hotel Kelas Internasional

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kab. Ciamis menawarkan kepada pihak swasta, konsep pengembangan pembangunan Hotel Pananjungsari dengan standarisasi Hotel Kelas Internasional.

Sekretaris Disbudpar, Muhlis, Selasa (4/10), di kantornya, mengatakan, konsep Pengembangan Hotel berkelas internasional yang ditawarkan pihaknya itu bertujuan untuk tidak mengganggu segmentasi Hotel yang sudah ada saat ini.

Menurut Muhlis, langkah kerjasama dengan pihak swasta, merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan aset pariwisata Pemkab Ciamis. Alasannya, karena aset tersebut bisa menjadi alat untuk memperoleh tambahan PAD bagi pemerintah.

Di sisi lain, pengembangan Hotel Pananjungsari juga mampu menyerap tenaga kerja, sekaligus menjadi upaya Pemerintah dalam memajukan industri Pariwisata di Wilayah Objek Wisata Pantai Pangandaran.

Kepada HR, Muhlis menilai, pengelolaan aset kepariwisataan tersebut akan memberikan nilai tambah bagi pembangunan Kab. Ciamis, khususnya kesempatan yang dimiliki pemerintah untuk memajukan sektor pariwisata.

Meski begitu, Muhlis beralasan, bahwa penawaran konsep itu disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 tahun 2007, Tentang Kerjasama Pemda dengan Pihak Ketiga, PP No 6 Tahun  2006 Tentang Pengelolaan Aset Daerah, dan Permendagri No 22 Tahun 2009 soal Juknis Tatakelola Kerjasama Daerah dengan Pihak Ketiga.

Sementara itu, Kabid Destinasi Disbudpar, Lilis, menambahkan, bahwa tawaran  pembangunan Hotel Kelas Internasional, diproyeksikan untuk melayani wisatawan baik domestik dan ataupun wisatawan asing.

Di samping itu, di Objek Wisata Pangandaran, belum terdapat Hotel dengan standar Kelas Internasional. Padahal, Pangandaran merupakan kawasan wisata alternatif kedua setelah wisata pantai Bali.

Menurut Lilis, karena Pangandaran menjadi wisata alternatif kedua setelah Bali, menjadi peluang besar bagi Pemkab Ciamis untuk mereguk keuntungan atau PAD besar, dari sektor industri Pariwisata ini.

Lilis menambahkan, Hotel Kelas Internasional memiliki konsep jejaring yang disebut Chain Hotel. Biasanya, hotel-hotel Internasional yang tergabung dalam group hotel internasional, saling mempromosikan keberadaan hotel beserta fasilitas dan kemudahan pelayanannya.

“Artinya, pasar hotel internasional sudah jelas. Karena hal ini juga penting  untuk mengukur tingkat Occupany Rate (Tingkat Hunian) hotel tersebut,” pungkasnya. (dk)

About author

Related articles

1 Comment

Leave a Reply