Transmigran Asal Banjar Diasuransikan Pihak Disnakertrans

27/10/2011 0 Comments

Deni Supendi

 

 

Program asuransi untuk para Transmigran asal Kota Banjar sudah dilakukan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Tarnsmigrasi (Disnakertrans) Kota Banjar, sejak 2006. Asuransi tersebut merupakan bukti kepedulian Dinas terhadap para Transmigran selama dalam proses perjalanan/ pemberangkatan.

Hal itu disampaikan Kasi Transmobduk (Transmigrasi dan Mobilisasi Penduduk), Yudi, Minggu lalu. Menurut dia, program asuransi bagi transmigran sudah masuk dalam agenda dan anggaran pihaknya.

Yudi menjelaskan, asuransi tersebut merupakan bentuk tanggungjawab pemerintah Kota Banjar, terhadap transmigran selama di dalam perjalanan menuju lokasi. Menurut dia, asuransi itu juga sebagai langkah antisipasi seandainya sesuatu terjadi pada transmigran asal Kota Banjar.

Menurut dia, 11 Kepala Keluarga (KK) Transmigran asal Banjar sudah mengikuti pelatihan keahlian di bidang pertanian yang diselengarakan pemerintahan provinsi. Para peserta program transmigrasi ini, selain sudah dibekali keahlian, sebagian dari mereka sudah mendapat uang saku untuk hidup di daerah tempat tinggal yang baru nanti.

Dia mengungkapkan, untuk tahun ini, mayoritas peserta program transmigrasi berasal dari wilayah Waringinsari Kec. Langensari. Ia menambahkan, transmigrasi pada dasarnya merupakan pembangunan wilayah dan peningkatan taraf hidup, pemanfaatan sumber daya alam dan manusia.

Pada edisi sebelumnya, sebanyak 11 Kepala Keluarga (KK) mengikuti pelatihan dasar umum (PDU) transmigran angkatan ke IV, yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Prov. Jawa Barat, bekerjasama dengan Balai Pelatihan Ketransmigrasian, di Aula Hotel Alam Segar, Kelurahan Karangpanimbal, Kec. Purwaharja, Kota Banjar.

Menurut Bagian Pelatihan Dinsakertrans Prov. Jawa Barat, Jam’at, mengatakan, tujuan diadakannya pendidikan dan pelatihan terhadap calon transmigran supaya mereka memiliki keahlian di bidang pertanian. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!