Arus Kendaraan Tinggi, Jl Veteran Kawali Minta Dipasang APILL

16/11/2011 0 Comments

Jl. Veteran kerap menimbulkan kecelakaan, warga minta segera dipasang rambu. Foto: Eji Darsono?HR

Kawali, (harapanrakyat.com),-

Warga Kecamatan Kawali meminta Pemkab. Ciamis memasang rambu-rambu lau lintas, berupa traffic light dan zebra cross di persimpangan Jl. Veteran, tepatnya di depan pintu masuk SMPN 1 Kawali dan SD Negeri 1 Kawali. Pasalnya, di persimpangan tersebut kerap terjadi kecelakaan.

Nandang, warga Dusun Kawali, ketika ditemui HR, Senin (31/10), mengatakan, arus lalu lintas kendaraan di wilayah tersebut tergolong tinggi. Namun, rambu peringatan dan isyarat lalu lintas lainnya masih minim.

Menurut dia, Undang-undang (UU) nomor 22 tahun 2009, tentang lalu lintas dan angkutan jalan, menyebutkan, Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) adalah lampu yang mengendalikan arus lalu lintas yang dipasang di tempat penyebrangan pejalan kaki.

APILL tersebut kata dia, sebagai pertanda kapan kendaraan harus berhenti, dan kanpan harus berjalan secara bergantian, dengan maksud untuk mengatur pergerakan kendaraan. Sehingga tidak saling mengganggu arus yang ada.

Namun pada kenyataanya, Nandang melihat, para pengendara di Jl Veteran Kawali tidak pernah menghiraukan rambu-rambu yang terpasang. Bahkan, sekalipun para petugas kepolisian yang berjaga telah membentangkan tangan sebagai isyarat, tak jarang para pengendara memaksa dan melaju kendaraannya, meski anak-anak sekolah sedang sibuk menyebrangi jalan.

Nandang berharap, Dinas Perhubungan (Dishub) Kab. Ciamis secepatnya memasang traffic light. Dengan begitu, tingkat kecelakaan yang diakibatkan oleh tabrakan dan perbedaan arus jalan, akan berkurang. (dji).

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!