BP3K Model Sukamantri Raih Predikat UKPP Terbaik Tingkat Nasional

16/11/2011 Berita Ciamis
BP3K Model Sukamantri Raih Predikat UKPP Terbaik Tingkat Nasional

Kantor BP3K Model Kec. Sukamantri. Foto: Dicky Haryanto Adjid/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Badan Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Model Kec. Sukamantri meraih penghargaan predikat Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) Terbaik, bidang pertanian tingkat Nasional dari Kementrian Pertanian (Kementan), belum lama ini.

BP3K Model itu, sebelumnya membidani lahirnya dua peraih predikat penyuluh teladan tingkat Nasional 2010, dan petani teladan Tingkat Nasional 2011. Keduanya, mengangkat nama baik Kab. Ciamis di tingkat Nasional, dalam memberikan pelayanan prima bagi publik.

Kepala BP3K Kec. Sukamantri, Itang, beberapa waktu lalu, mengatakan, penghargaan UKPP terbaik Nasional berhasil diraih berkat sinergitas yang dibangun pihaknya bersama BP4K, Pemkab. Ciamis, dan petani di wilayah Sukamantri.

Itang mengungkapkan, unit kerja di bawah pimpinannya, berhasil karena dapat mempresentasikan pola kegiatan keseharian lembaga yang berdasarkan pada inovasi layanan prima.

Inovasi layanan itu meliputi, pemberdayaan masyarakat dekat hutan, masyarakat mandiri, wanita tani, minat pertanian di kalangan peserta didik (SD/SLTP/SMK), Kaji Terap (model Usaha Tani, varoetas Baru), konsultasi Agribisnis, pola Kemitraan, Informasi telekomunikasi komputer (ITC), Rembug lintas Dinas-Instansi, dan kerjasama media masa.

Sementara itu, Kepala BP4K, Kab. Ciamis, H. Wasdi, mengatakan, bahwa raihan prestasi tingkat nasional yang dianugrahkan terhadap badan binaannya, harus dijadikan indikator prestasi bagi para penyuluh, untuk meningkatkan kinerja dan layanan terhadap masyarakat.

Meski begitu, Wasdi mengaku prihatin menghadapi tantangan berat, yakni fenomena yang terjadi di kalangan pemuda. Menurut dia, pemuda masa kini kurang berminat untuk terjun di bidang pertanian. (dk)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles