DPD Partai Golkar Kota Banjar Gelar Karakterdes

12/11/2011 0 Comments

Untuk Mantapkan Kader Pembangunan Bagi Kesejahteraan Rakyat

Kegiatan Kader Penggerak Teritorial Desa (Karakterdes) Partai Golkar di Aula Desa Batulawang. Para peserta tampak serius mendengarkan pemaparan dari pemateri. Foto: Eva Latifah/HR

Batulawang, (harapanrakyat.com),-

Dalam acara puncak peringatan HUT Partai Golkar ke-47 yang digelar di Lapang Desa Batulawang, Kamis (27/10), DPD Partai Golkar Kota Banjar melaksanakan kegiatan Kader Penggerak Teritorial Desa (Karakterdes) bagi kadernya yang ada di Desa Batulawang.

Pelaksanaan kegiatan tersebut bertempat di Aula Desa Batulawang, dengan menghadirkan pemateri dari pengurus DPD Golkar Provinsi Jabar, Bambang Haryono.

Dikatakan Bambang, program Karakterdes merupakan program pendidikan yang bersifat nasional, tujuannya untuk membentuk gerakan kader di daerah, khususnya pedesaaan yang senantiasa mendukung pembangunan.

Hal itu sesuai dengan tema yang diangkat dalam diklat Karakterdes, yaitu memantapkan kader pembangunan bagi peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Kondisi bangsa ini masih banyak yang harus kita kerjakan untuk mencapai cita-cita proklamasi kemerdekaan. Harus kita akui, di usia Republik Indonesia yang sudah mencapai 66 tahun ini pembangunan belum merata, bahkan belum menyentuh sebagian masyarakat di pedesaan. Masih terlihat ada kesenjangan hidup masyarakat desa dan kota,” ucapnya kepada seratus peserta karakterdes Desa Batulawang.

Oleh karena itu, tugas kader Golkar adalah menjadi pelopor atau agen gerakan pembangunan di daerahnya, agar tercipta kesejahteraan masyarakat. Artinya, kesenjangan kehidupan dan kesejahteraan antara desa dan kota harus dihilangkan.

Dengan demikian, maka sangatlah penting mengadakan konsep pembangunan efektif, yang mampu mengantarkan masyarakat Indonesia mencapai cita-citanya.

Dia menekankan, konsep pembangunan itu diharapkan menjadi formulasi terbaik, yang menggabungkan pemanfaatan potensi sumber daya alam, dan sumber daya manusia, di daerah kader Golkar tersebut bekerja. Tujuannya adalah mewujudkan cita-cita kemandirian bangsa.

“Partai Golkar memandang bahwa membangun mulai dari desa adalah hal mendesak dan sangat diperlukan. Membangun dari desa tak boleh berhenti hanya pada tataran wacana, tapi juga harus direalisasikan dengan wujud program nyata,” ungkapnya.

Oleh karena itu, program Karakterdes Nasional Partai Golkar ini adalah wujud persembahan Partai Golkar bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini merupakan komitmen Golkar yang sejalan dengan cita-cita pembangunan nasional.

Ditegaskan dia, Golkar tidak ingin masyarakat desa hanya menjadi penonton di rumahnya sendiri atas sumber daya alam yang ada di daerahnya tereksploitasi atas nama pembangunan semata.

Pasalnya, pembangunan desa tidak boleh bertentangan dengan arah pembangunan nasional. Karena semestinya kemajuan desa untuk menopang kesejahteraan daerah, dan pada akhirnya mewujudkan pembangunan nasional.

“Diklat ini untuk mencetak anggota dan kader partai yang berkualitas dan militan dalam membawa misi Partai Golakar,” katanya.

Bambang menambahkan, Karakterdes juga perwujudan dari amanat Munas VIII Partai Golkar, dengan catur sukses sebagaimana telah dicanangkan partai berlambang pohon beringin tersebut.

Diman upaya konsolidasi dan kaderisasi yang dilaksanakan secara terus menerus, dianggap tepat untuk mencapai kesuksesan pada pemilu mendatang. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!