Kota Banjar Raih Penghargaan Swasti Saba

18/11/2011 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Pada tanggal 14 Nopember 2011, Kota Banjar kembali mendapat penghargaan Swasti Saba bidang kesehatan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung kepada Walikota Banjar, DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM., di Jakarta.

Sebelumnya, tanggal 24 Oktober lalu, Kota Banjar juga masuk menjadi nominator Innovative Government Award tingkat nasional dari Menteri Dalam Negeri RI, dan merupakan satu-satunya perwakilan dari Provinsi Jawa Barat.

Kepala Bagian Humas Setda Kota Banjar, Drs. H. Ruswa Sumarna, M.Si., mengatakan, Swasti Saba merupakan penghargaan dalam bidang kesehatan, yaitu sebagai kota sehat, yang penilaiannya dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

“Untuk mendapatkan penghargaan ini Kota Banjar telah diverifikasi sekitar bulan Juli lalu oleh tim seleksi kabupaten/kota sehat tingkat provinsi,” kata Ruswa, Selasa (15/11).

Selanjutnya, pengiriman hasil seleksi kabupaten/kota sehat oleh penilai tingkat provinsi ke pusat, yaitu dengan melampirkan formulir penilaian dan dokumen pendukung, sesuai pedoman verifikasi.

Dia menambahkan, bahwa ada tiga kategori yang diverifikasi oleh Tim Verifikasi Kota Sehat Tingkat Pusat, sehingga Kota Banjar mendapat penghargaan Swasti Saba.

Ketiga kategori yang diverifikasi itu diantaranya kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum meliputi kawasan Jelat dan Banjar Water Park.

Lalu, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, yaitu di wilayah Desa Situbatu, serta ketahanan pangan dan gizi, meliputi wilayah Dusun Sukamanah berupa pupuk organik, kemudian kelompok tani Desa Mulyasari dan Desa Langensari.

“Semoga penghargaan-penghargaan yang diraih Kota Banjar bisa menjadi motivasi bagi pemerintah untuk meningkatkan kinerja, dan penghargaan ini juga diraih atas dukungan masyarakat,” pungkasnya. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply