Pelaksanaan Idul Adha 2011 Dipastikan Serempak

12/11/2011 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Hari Raya Idul Adha tahun ini dipastikan pelaksanaannya serempak secara nasional. Hal itu berdasarkan hasil dari Rukhyatul Hilal atau mengintip bulan yang dilaksanakan di beberapa wilayah Indonesia.

Menurut Kabid. Urais Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi, Badar Ismail, SHI, saat ditemui HR usai menghadiri rapat persiapan MTQ tingkat kota di Aula Kantor Kemenag Kota Banjar, Selasa (1/11), mengatakan, Rukhyatul Hilal yang dilakukan Badan Hisab Rukhyah Daerah (BHRD) Kota Banjar pada Kamis malam, tanggal 27 Oktober kemarin, bulan sabit nampak terlihat tinggi 6°° dari ufuk dengan lama hilal sekitar 26 menit.

Karena hilal sudah meninggi, maka perhitungan seperti ini sudah melebihi syarat yang ditentukan oleh Menteri Agama Brunai, Indonesia, Malaysia (MABIM), yaitu lebih 2°°.

“Itu berarti ketentuan awal Dzulhijah jatuh pada hari Jum’at, tanggal 28 Oktober 2011 pukul 02.56 WIB. Dengan demikian maka Idul Adha jatuh pada hari Minggu tanggal 6 November 2011, yaitu bertepatan dengan 10 Dzjulhijah. Dan Insya Alloh pelaksanaan Idul Adha kali ini serempak secara nasional,” kata Badar. (AM)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!