Pendapat & Penilaian Pembaca HR (Harapan Rakyat) Setelah Sewindu (10 November 2003 – 2011)

18/11/2011 0 Comments

(Apa Kata Mereka)

SEWINDU SK. HARAPAN RAKYAT

Perjalanan surat kabar Harapan Rakyat di usia ke 8 tahun (Sewindu) ternyata telah melekat dihati pembacanya. Mesti diakui, saat ini ketertarikan akan sebuah media cetak bagi masyarakat secara umum sedikit mengalami penurunan secara nasional. Meski begitu, Koran HR telah menyematkan karakteristik dalam menyuguhkan pemberitaan, dan telah menjadi acuan dalam pemberitaan di wilayah Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar.

Kesan dan pesan serta kritikan kepada HR akan tetap kami jadikan sebagai semangat terbaik, untuk terus melakukan tranformasi dan inovasi. Hal itu dilakukan agar para pembaca setia HR, dapat menerima sebuah informasi secara tepat dan berimbang. Serta menjembatani aspirasi masyarakat kepada pemerintahan, atau sebaliknya.

Berikut ini, beberapa petikan dari sejumlah pembaca setia HR yang berhasil kami rangkum.

Bupati Ciamis, H. Engkon Komara

Bupati Ciamis, H. Engkon Komara

Sebuah pencapaian yang patut disyukuri, selama 8 tahun koran HR senantiasa memberikan warna dalam mengawal proses pembangunan, demokrasi dan peradaban di Kabupaten Ciamis. Kita juga selalu berharap kiprah media massa berperan sebagai mitra Pemkab dalam menyampaikan informasi bagi masyarakat Tatar Galuh Ciamis agar tercapai sinergitas dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Ciamis.

Kita juga berharap media massa konsisten dalam menyampaikan informasi dan fakta, serta diharapkan tetap dapat mengkritisi kinerja aparatur, terutama dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas program pembangunan.

Sampai dengan saat ini kita tetap berharap kemitraan ini senantiasa berjalan dalam koridor kesejajaran, profesional dan bermartabat, dengan tetap berpijak dalam fungsinya masing-masing. Dirgahayu ke- 8 surat kabar Harapan Rakyat, semoga makin sukses.

Walikota Banjar, Dr. dr. H.Herman Sutrisno MM.

Walikota Banjar, Dr. dr. H.Herman Sutrisno MM.

Kehadiran surat kabar Harapan Rakyat di kota Banjar  dan Kabupaten Ciamis, selama kurun waktu 8 tahun terakhir ini, telah menjadi sebuah media pengetahuan bagi masyarakat di kedua wilayah tersebut, khususnya tentang informasi pembangunan di kota Banjar.

Selain itu, Koran HR telah menjadi media yang menjalanakan fungsinya yaitu, fungsi pengawasan terhadap berjalannya roda pemerintahan kota Banjar selama 8 tahun. Sehingga Koran HR mampu menjadi media yang mampu menyuguhkan berita cek and balancing. Serta membantu warga Banjar dalam menyampaikan harapannya, dan sebaliknya pihak Pemkot Banjar terbantu dalam menyebarkan informasi bagi warganya.

Informasi yang disuguhkan HR atas harapan warga Banjar, akan menjadi referensi kami untuk segera ditindaklanjuti, demi berjalan lancarnya pembangunan kota Banjar.

Saya ucapkan selamat HUT Sewindu Koran HR, semoga sukses selalu dan menjadi media lokal terdepan.

Wakil Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin

Wakil Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin

Selamat atas bertambah usia Koran HR, semoga lebih maju dan terus konsisten dalam menyajikan setiap berita.

Terus terang, saya bangga dengan hadirnya koran lokal, seperti koran HR ini. Meski banyak sekali media massa yang masuk ke Kabupaten Ciamis, akan tetapi koran HR tidak kalah bersaing.

Koran HR saat ini sudah menjadi salah satu media massa yang selalu menjadi jembatan informasi kepada masyarakat Kabupaten Ciamis. Saya pun melihat pemberitaan di koran HR berbeda dari yang lain, sehingga tidak merasa bosan membaca koran HR. Yang saya tahu juga, ternyata pembaca koran HR tidak hanya di kalangan pemerintahan saja, akan tetapi masyarakat di tingkat desa pun telah mengenal koran HR.

Dengan begitu, saya berharap dengan bertambahnya usia koran HR bisa lebih dewasa dan lebih aspiratif dalam setiap pemberitaan yang disajikan. Karena itu penting sekali dilakukan guna memberikan kepuasan terhadap pembaca.

Saya pun yakin dengan usia koran HR sudah menginjak 8 tahun, bisa tambah maju dan sukses, sehingga nantinya bisa menjadi koran yang bisa bersaing dengan koran besar.

Ketua DPRD Kab. Ciamis, H. Asep Roni

Ketua DPRD Kab. Ciamis, H. Asep Roni

Saya akui, jika dilihat dari subtansi pemberitaan koran HR sudah sangat menarik untuk dibaca. Koran HR selalu menyajikan berita-berita menarik di seputaran isu politik lokal, peristiwa dan informasi lainnya yang terjadi di Kabupaten Ciamis.

Dilihat dari gaya bahasa dan penulisan jurnalistiknya pun, sudah enak dibaca untuk ukuran koran lokal. Dan selalu menyuguhkan berita yang objektif dan berimbang. Sehingga banyak pembaca koran di Ciamis yang selalu menunggu terbitnya koran HR.

Hanya, sebagai masukan, untuk ke depannya durasi terbit koran HR tidak terus menjadi koran mingguan, tetapi harus diusahkan menjadi koran harian. Hal itu agar berita yang disuguhkan koran HR, cepat dan sering diterima oleh pembaca. Saya mewakili teman-teman di DPRD Ciamis mengucapkan selamat ulang tahun koran HR ke- 8.

Ketua DPRD Kota Banjar, Drs. Dadang R Kalyubi M.Si.

Ketua DPRD Kota Banjar, Drs. Dadang R Kalyubi M.Si.

Selama delapan tahun, koran Harapan Rakyat telah membuktikan sebagai media yang independen dan tetap eksis. Selain itu, berita yang disuguhkan kepada pembacanya juga selalu berimbang. Tidak hanya itu, setiap pemberitaan yang disampaikan selalu mengedepankan harapan dari masyarakat atau rakyat, sesuai dengan nama medianya Harapan Rakyat.

Saya juga menilai, wartawannya selalu mengedepankan profesionalisme sebagai jurnalis. Dan sebagai orang Banjar, saya juga merasa bangga karena HR  adalah koranna urang Banjar. Untuk itu saya berpesan agar koran HR tetap eksis, dan wartawannya selalu menjaga profesionalismenya sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Drs. H. Akasah, M.BA

Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Drs. H. Akasah, M.BA

Sebagai koran lokal yang memiliki rubrik seputar dunia pendidikan, koran HR sudah menjadi media massa yang akrab di lingkungan warga pendidikan Kabupaten Ciamis. Dengan adanya rubrik pendidikan tersebut, dirasakan sangat membantu dalam menyampaikan informasi seputar pendidikan kepada warga pendidikan dan masyarakat Ciamis, pada umumnya.

Adanya kolom “Apa Kabar Kadisdik Ciamis?” dalam rubrik pendidikan di koran HR, juga telah membantu kami untuk mengetahui informasi secara riil mengenai kondisi pendidikan dan aspirasi dari warga pendidikan yang ingin disampaikan kepada Dinas Pendidikan. Selamat ulang tahun yang ke 8 koran HR. Semoga makin dicintai oleh pembacanya.

Ketua PGRI Kabupaten Ciamis, H. Tatang, S.Ag, M.Ag

Ketua PGRI Kabupaten Ciamis, H. Tatang, S.Ag, M.Ag

Saya melihat koran HR saat ini sudah menjadi salah satu barometer informasi pendidikan untuk warga pendidikan di Kabupaten Ciamis. Mungkin karena koran ini memiliki rubrik khusus pendidikan yang selalu mengupas isu pendidikan di Kabupaten Ciamis.

Selain menjadi media informasi, koran HR juga terlihat masih konsisten memberikan kontrol sosial dalam mengawal pembangunan pendidikan di Kabupaten Ciamis.

Diusianya yang ke-8, koran HR harus semakin meningkatkan kwalitas pemberitaan agar semakin dicintai oleh seluruh pembaca setianya. Kami dari pengurus PGRI Kabupaten Ciamis mengucapkan selamat ulang tahun koran HR ke-8. Semoga koran HR makin dicintai oleh masyarakat, dan khususnya oleh warga pendidikan di Kabupaten Ciamis.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjar, M. Aan Suparan

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjar, M. Aan Suparan

Koran Harapan Rakyat atau HR, sudah bagus sebagai media lokal yang mempunyai inovasi. Berita-beritanya selalu berimbang dan akurat. Koran HR juga dinilai sebagai sarana untuk menyuarakan harapan rakyat, sesuai dengan namanya.

Dengan demikian, mudah-mudahan masyarakat Banjar khususnya, sudah merasa memiliki koran pituin Banjar. Dan saya yakin HR pasti maju, untuk itu saya berpesan supaya diusianya yang ke delapan tahun ini, koran Harapan Rakyat kedepannya semakin banyak berinovasi.

Ketua LSM Inpam Ciamis, Endin Lidinilah, S.Ag, M.Ag

Perlu diakui koran HR selalu konsisten menjadi jembatan komunikasi LSM di Ciamis dalam mengkritisi segala kebijakan pemerintahan. Dilihat dari pemberitaannya pun, koran HR selalu menyuguhkan informasi yang objektif, berimbang dan tidak ada tendesi keberpihakan.

Selain itu pun, koran HR banyak mengupas berita-berita yang aspiratif dengan objek pemberitaan dari berbagai daerah di Kabupaten Ciamis. Sebuah terobosan koran lokal yang patut diapresiasi.

Dengan adanya HR Online yang bisa diakses melalui internet, juga merupakan sebuah terobosan untuk memudahkan pembaca mengakses berita-berita koran HR. Karena dengan kemajuan dan kemudahan teknologi saat ini, masyarakat di kalangan intelektual lebih memilih mendapatkan informasi dari internet ketimbang mencari koran. Adanya HR Online tentunya mengindikasikan bahwa koran HR semakin bertambah usia semakin bertambah kemajuannya pula.

Selamat ulang tahun yang ke- 8 koran HR. Semoga semakin kritis dan objektif dalam menyuguhkan setiap pemberitaan.

Dede Setiawan, warga Lingkungan Parunglesang, Kel/Kec. Banjar.

Dede Setiawan

Sebagai masyarakat saya menilai, ketika membaca Koran Harapan Rakyat memang beritanya selalu berimbang, aktual dan berani menyuarakan apa yang menjadi harapan rakyat, khususnya harapan dari masyarakat kecil. Artinya, koran Harapan Rakyat benar-benar berperan sebagai media penyambung lidah masyarakat ke pemerintah, sehingga apa yang diharapkan oleh masyarakat bisa didengar dan selanjutnya direalisasikan oleh pihak pemerintah. Pesan saya, semoga koran Harapan Rakyat selalu eksis dan tetap menyuarakan harapan masyarakat.

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply