Professionalitas, Transformasi & Inovasi, Ditengah Gempuran Industrialisasi Pers

12/11/2011 0 Comments

Sewindu Surat Kabar Harapan Rakyat

Berdiri sejak 10 November 2003 lalu, surat kabar Harapan Rakyat kini telah genap berumur 8 tahun (Sewindu). Sebuah kisah perjalanan media lokal yang berani menyematkan kata berpenampilan global, ditengah sengitnya pertempuran Industrialisasi Pres.

Tak ada kata mustahil, ketika setiap orang bertanya; mampukah media lokal bertahan ditengah gempuran Industrialisasi Pers, dan meranahnya politiksisasi Pers?. Sebab, kekuatan modal, akan sangat mempengaruhi keberlangsungan perjalanan sebuah media di pasca orde Reformasi ini.

Alhamdulillah, jawaban pertama yang kami sampaikan kepada setiap orang yang bertanya itu. Lalu diikuti sedikit argumentasi untuk lebih dipahami; ‘Pekerjaan adalah alat untuk menghebatkan kita’.

Dengan kata lain, perjalanan surat kabar Harapan Rakyat atau yang lebih pasih dengan sebutan HR, adalah sebuah proses pembentukan media lokal yang dikelola dengan mengutamakan prinsip-prinsip dalam jurnalisme.

Surat kabar Harapan Rakyat akan terus mempertahankan ciri karakteristik pemberitaan cover both size investigation, dengan memaparkan sebuah kejadian secara komprehensif, dengan data dan fakta secara berimbang.

Hal itu dilakukan untuk membangun media lokal professional. Dan langkah itu terus kami lakukan, agar masyarakat diwilayah peredaran kami yaitu, Kota Banjar dan Kabupaten Ciamis, dapat secara detail tersuguhi sebuah informasi perkembangan yang terjadi diwilayahnya.

Dengan dukungan para jurnalis muda yang terlatih dan terdidik dalam kaidah-kaidah kode etik jurnalistik, HR terus melakukan transformasi dan inovasi tiada henti. Pada usia yang ke Tujuh tahun, pembaca setia HR mampu mengakses berita edisi digital melalui www.harapanrakyat.com. Edisi digital ini merupakan sebuah inovasi dari tuntutan zaman yang semakin mudah untuk mengakses informasi secara mobile.

Genap sewindu usia HR tahun 2011 ini, kami akan semakin memantapkan edisi digital yang dapat di akses baik melalui telepon seluler maupun media mobile lainnya.

Pada edisi digital ini, HR akan menyuguhkan berita teraktual dan terkini, yang akan menginformasikan secara cepat setiap informasi yang terjadi. Pembaca setia HR edisi cetak akan dapat membaca secara lengkap di surat kabar Harapan Rakyat yang terbit setiap hari rabu.

Semangat untuk menjadi yang terdepan dalam kancah media lokal, dalam menyongsong visi dan misi surat kabar Harapan Rakyat ke 10 tahun. HR akan tetap konsisten menyuarakan perjuangan Demokrasi dan Ekologi. Semangat juang itulah yang membuat kami menikmati sebuah proses terbentuknya sebuah media lokal yang mampu berpenampilan global dan terpercaya.

Kelahiran surat kabar Harapan Rakyat yang bertepatan dengan hari Pahlawan, bukan semata sebuah kebetulan semata. HR dilahirkan pada 10 November 2003 silam, ditujukan untuk mengawal gerak dinamis dua pemeritahan otonom yaitu, Kota Banjar dan Kabupaten Ciamis, dengan suarakan kepentingan-kepentingan rakyat di kedua daerah tersebut.

Diakhir prakata ini, kami ucapkan rasa syukur sebesar-besarnya kepada Allah Swt., dan terima kasih kepada para pembaca setia HR, serta kolega dan mitra yang selama ini bersama-sama membesarkan HR. Kepada rekan-rekan wartawan yang selama ini telah bersama membangun dan membesarkan HR, saya ucapkan rasa bangga dan terima kasih untuk tetap professional dan terus bertransformasi dan inovasi tiada henti.

Kritik dan saran dari pembaca merupakan semangat terbaik kami, untuk terus berusaha keras menjadikan HR sebagai media lokal yang terpercaya.

(Subakti Hamara/Pimpinan Redaksi surat kabar Harapan Rakyat)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply