Usaha Susu Kambing Etawa Janjikan Untung

15/11/2011 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Usaha susu kambing Etawa ternyata sangat menjanjikan. Harga jual perliternya mencapai Rp.50.000. Bila dibandingkan dengan harga susu sapi murni, susu kambing Etawa lebih tinggi, yakni perbadingannya berkisar Rp.6.000.

Menurut Nunung, pemilik usaha susu kambing Etawa dari Kelompok Taruna Mekar Muda, Desa Ciparigi, Kec. Sukadana, Kab. Ciamis, mengatakan, mahalnya harga susu kambing tersebut karena pengembangbiakannya harus ekstra hati-hati, di pasaran masih langka, dan kandungan susunya berkhasiat mencegah penyakit penyakit kanker, paru-paru, diabetes, anemia, thalasemia serta osteoporosis.

“Selain itu, pakan yang dikonsumsi setiap harinya harus mempunyai rasio 40 persen dari bobot badannya, termasuk tambahan suplemen. Sehingga jarang sekali ada yang mau mengembangbiakan kambing jenis Etawa. Makanya susu kambing Etawa banyak dicari orang,” terangnya.

Usaha yang dirintis Nunung bersama suaminya, Rasyid Ridha, dimulai sejak tahun 2004. Dia mengaku, awalnya hanya memamfaatkan dagingnya saja, namun karena mengetahui kandungan susu kambing Etawa banyak khasiatnya, maka di pun memulai memamfaatkan susunya.

“Dulu kami punya dua ekor kambing Etawa, dan sekarang sudah meiliki sepuluh ekor milik sendiri, dan 40 ekor bantuan dari pemerintah melalui Dinas Peternakan Ciamis, tapi itu untuk kelompok. Pemasaran susunya masih sebatas lokal, yaitu hanya di Kabupaten Ciamis saja,” katanya.

Selain susu, Nunung bersama kelompoknya kini tengah mengembangkan yoghurt susu kambing Etawa, dan pengolahan kompos dari kotoran kambing tersebut. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!