2012, PAD Ciamis Ditargetkan Rp. 66,3 Milyar

30/12/2011 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemkab Ciamis pada tahun 2012 menargetkan PAD sebesar Rp. 66,3 milyar. Target PAD tersebut tentunya lebih besar dari target tahun sebelumnya yang sebesar Rp. 55 milyar.

Kabid Pendapatan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Ciamis, Drs. Wachyu Hidayat, mengungkapkan, adanya peningkatan target PAD yang cukup siginifikan pada tahun 2012, jika dibanding dengan target tahun sebelumnya, dipengaruhi oleh hasil capaian PAD pada tahun 2011 yang telah mengindikasikan adanya peningkatan yang melampaui target PAD.

“ Mengenai pencapaiannya berapa milyar, belum bisa dilihat sekarang. Karena tahun anggaran 2011 masih berjalan. Hanya, untuk target PAD pada anggaran perubahan 2011, kita menargetkan Rp. 64 milyar, “ ujarnya, ketika dihubungi HR, di kantornya, Selasa ( 27/12).

Menurut Wachyu, faktor yang menyebabkan adanya peningkatan target PAD pada tahun anggaran 2012, yakni adanya beberapa peningkatan dari beberapa sektor pendapatan dan juga adanya beberapa sektor pendapatan baru.

“ Sektor pendapatan yang mengalami peningkatan, yakni dari Pajak Penerangan Jalan (PPJ), Pajak Parkir, BPHTB, Pajak Hotel dan Restoran. Sementara dari Pajak Hotel dan Restoran terdapat sektor pendapatan baru, yakni dari pajak Chatring Restoran dan Pajak Kost-kostan, “ terangnya.

Wachyu menjelaskan baru tahun anggaran kali ini perusahaan Chatring dan pengelola tempat Kost-kostan diberlakukan wajib pajak. “ Namun, untuk Kost-kostan yang dikenakan pajak, khusus yang kamar kost-nya memiliki lebih dari 10 kamar,” imbuhnya.

Wahyu juga menyatakan pendapatan dari pajak daerah yang memiliki potensi cukup baik terlihat dari PPJ dan BPHTB.

“ Sektor pendapatan PPJ merupakan pajak terbesar hingga kita menargetkan Rp. 8,3 milyar. Sementara adanya potensi pajak dari BPHTB, dipengaruhi dari menggeliatnya bisnis properti perumahan di Kabupaten Ciamis. Untuk saat ini saja, pencapaian pajak dari BPHTB sudah mencapai Rp. 1, 6 milyar yang dimana potensi pajak terbesarnya dari binsis properti perumahan, “ paparnya. (Bgj)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!