68 Aparatur Pemerintah Desa Ikuti Bintek Tentang LPPD

02/12/2011 0 Comments

Tingkatkan Kompetensi & SDM

Para peserta Bimbingan Teknis mengenai penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LPPD) tingkat Kota Banjar tahun 2011, tampak serius mendengarkan pemaparan materi dari narasumber. Foto : Abdulloh Mukhlis/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas sumber daya aparatur pemerintahan desa, Kantor Pemberdayaan Masyarakat, Kesatuan Bangsa, Politik dan Pemerintahan Desa (KPMKBPPD) Kota Banjar, menggelar kegiatan bimbingan teknis (Bintek) mengenai penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LPPD) tingkat Kota Banjar tahun 2011.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Kamis (23/11), bertempat di Kampus STIT Muhammadiyah, Jl. Dr. Husen Kartasasmita, dan dibuka langsung oleh Walikota Banjar, Dr. dr. H. Herman Sutrisno, MM.

Sedangkan, jumlah peserta Bintek mencapai 68 orang, yaitu terdiri dari 17 orang kepala desa, 17 sekretaris desa, 17 bendahara desa dan 17 orang Kaur. Pemerintah Desa, dengan narasumber Kepala Kantor KPMKBPPD dan Kepala Dinas Keuangan dan Aset Daera (DKAD) Kota Banjar.

Menurut Kepala Kantor KPMKBPPD Kota Banjar, Sahudi, SH., bahwa untuk materi yang di bahas dalam Bintek  tersebut, di samping penyusunan LPPD, juga membahas tentang penyusunan laporan pengelolaan keuangan desa.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2006, tentang desa, Bab X, pasal 98, ayat 2, yang menyebutkan bahwa pemerintah kabupaten/kota dan camat wajib membina dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintah desa.

Karena, peraturan tersebut juga mengacu pada Permendagri No. 72 tahun 2006 tentang pedoman umum tata cara pelaporan pertanggungjawaban penyelenggaraan pemerintah desa.

“Diharapkan dengan dilaksanakannya Bintek ini, dapat memberikan pemahaman komprehensif kepada peserta, mengenai bagaimana tata cara penyusunan LPPD yang sesuai dengan prosedur, dan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga penyusunan LPPD dapat dilaksanakan tepat waktu,” kata Sahudi. (AM)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!