Bencana Banjir dan Longsor Melanda 2 Desa di Kalipucang

08/12/2011 0 Comments

Kalipucang, (harapanrakyat.com),- Musibah banjir serta longsor melanda Kab. Ciamis, tepatnya di wilayah Desa Tunggilis dan Desa Banjarharja Kec. Kalipucang. Sedikitnya, 160 rumah di empat RT , meliputi RT lima, enam, tujuh dan delapan RW dua, Dusun Cintamaju Desa Tunggilis terendam banjir.

Sementara di Dusun Sindangkasih, Rt 6/14 dan Rt 10/16, Desa Banjarharja, Kec. Kalipucang, sedikitnya dua rumah tertimbun longsor,  Selasa (6/12), pada pukul 03.00 WIB atau pada dini hari.

Berdasarkan informasi anggota BPD Tunggilis, Lili, luapan  banjir hingga ketinggian 70 centimeter di wilayah Kalipucang terjadi antara pukul 04.00 hingga 09.00 WIB. Menurut dia, sebelum banjir melanda, kawasan itu diguyur hujan deras sejak pukul 02.00 dini hari.

”Hujan yang begitu deras mengguyur lokasi selama kurang lebih empat jam tanpa henti. Begitu hujan reda, banjir pun terjadi,” tuturnya.

Lili menilai, luapan banjir yang merendam ratusan pemukiman warga terjadi lantaran saluran air sungai Citunggilis tidak kuat menahan derasnya air yang berasal dari Gunung Citumpeung dan Cipisan.

Dia menambahkan, untuk menghindari banjir serupa, Pemerintah Kab. Ciamis seharusnya melakukan pengerukan terhadap sungai Citunggilis yang sudah mengalami pendangkalan (sedimentasi).

Sementara itu, di temui terpisah, Ari Sutomo (25) warga Dusun Sindangkasih Rt 6/14 Desa Banjarharja, mengatakan, rumah serta dua kendaraan (motor dan mobil hartop) terkubur longsoran tanah.

Menurut Ari, longsor terjadi sebanyak dua kali. Pertama longsoran tanah terjadi sekitar pukul 03.00 WIB, menimpa motor yang berada di samping rumah, dan longsoran tanah yang kedua terjadi sekitar pukul 06.00 WIB pagi hari, menimpa mobil hartop. Beruntung, kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa. Namun kerugian material yan g dialami korban mencapai sekitar Rp 13 juta.

“Saya dapat SMS sekitar pukul 06.30 WIB, rumah Ari tertimpa longsor. Setelah itu saya pun pergi bersama 20 orang warga membantu mengevakuasi kendaraan milik Ari yang terkubur tanah,” papar Oleh (61), ketua RW 06/14 kepada wartawan di sela-sela evakuasi.

Di lain tempat, Kosim (23) warga Dusun Sindangkasih RT 10/16 Desa Banjarharja juga terimpa longsor. Longsoran tanah yang terjadi sekitar pukul 03.15 WIB menimpa samping rumah.

“Untungnya tidak ada korban jiwa,” kata Kosim singkat. (bgj)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!