Jalan-jalan Ke Saung Sawah “Oemah”

02/12/2011 Berita Banjar
Jalan-jalan Ke Saung Sawah “Oemah”

Suasana hijau pesawahan membentang luas, perbukitan yang ditumbuhi jati dan pepohonan lain yang terlihat rimbun. Angin pesawahan semilir hawa panaspun tak berarti, riak kecil air dan suasana tenang jadi pelepas kepenatan. Tak hanya perut yang kenyang, batin pun terpuaskan.

Oleh : M. Rakha Rafiki H.

Anda tak harus jauh-jauh melakukan perjalanan ke luar kota untuk menikmati suasana alam pinggiran pesawahan dan perbukitan. Cukup datang ke kota Banjar, impian menikmati suasana alam itu akan segera terwujud. Inilah pilihan lain petualangan wisata kuliner bersama keluarga pada akhir pekan.

Cobalah datang ke Saung Sawah “Oemah”, jaraknya 5 Km ke timur kota Banjar jurusan jalan Panatasan Kelurahan Pataruman menuju Kecamatan Langgensari, letaknya di pinggir jalan raya di area pesawahan anda akan menemukan Saung Sawah “Oemah”. Stop Pres, jangan lewat Doboku jalan Poernomoside dipinggirnya irigasi bila akan ke Langensari, yang betul ke selatan jalan Panatasan anda baru benar bila akan ke Saung Sawah “Oemah”. Ini petunjuk praktis dan tepat. Tersedia juga tempat pemancingan ikan, bisa dimasak langsung atau dibawa ke rumah. Itu suka-suka anda.

Memang pemandangan siang hari sangat menawan suasana pesawahan dan bukit, paling tidak kepengatan selama sepekan akan terobati. Atau pada siang hari tepat makan siang anda dengan teman atau relasi, mencoba makan di sini akan sangat menyenangkan. Angin semilir suasana tenang menjadi daya tarik berkuliner pada siang hari.

Akan tetapi datang menjelang senja hingga malam hari, suasana malam pedesaan sangat bisa kita nikmati, pesawahan dan air yang mengelontor, suara serangga jangkrik, dan kerlipan cika-cika ditambah cahaya lampu-lampu yang agak redup menambah keindahan suasana.

Nikmati juga keindahan waktu senja di sekitar pesawahan di Panatasan. Cahaya matahari yang hampir terbenam, membuat guratan warna-warni seperti merah, jingga, coklat, putih dan abu-abu di langit biru bagaikan sebuah lukisan yang keindahannya tak terlukiskan.

Tak hanya menawarkan keindahan pemandangan dan semilir angin pesawahan, juga memanjakan  lidah dengan menu khas kuliner Sunda. Menurut Buana Koesumah pemilik Saung Sawah “Oemah”, menu andalan dari tempat itu adalah ikan bakar gurame, mujair, ikan mas, bisa juga ayam tidak hanya dibakar digoreng pun siap bagaimana pesanan tamu. Bumbu ikan bakar dibuat dari bawang merah, cabai dan honje untuk rasa segarnya.

Menu andalan lainnya cah kangkung, genjer, goreng tempe, tahu, pepes tahu dan lalaban. Tersedia juga nasi goreng buhun dan banyak hidangan lainnya. Minuman berbagai aneka jus buah, dan es kelapa muda batok. Ditemani berbagai jenis minuman yang tersedia, menambah nikmatnya wisata kuliner di pesawahan tersedia juga wedang jahe untuk agar tidak masuk angin. Meski menawarkan keindahan alam pesawahan dan perbukitan dan semilir angin. Pengelola Saung Sawah “Oemah” memberikan harga terjangkau untuk menu makanan dan minumannya. ***

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles