Masyarakat Diharapkan Sadar Pentingnya Kebersihan Lingkungan

23/12/2011 0 Comments

(Sosialiasasi Adipura)

Banjar, (harapanrakyat.com),- Kegiatan sosialisasi program Adipura dan pengelolaan lingkungan yang dilaksanakan Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Lingkungan Hidup (DKPLH) Kota Banjar, di 26 desa/kelurahan yang berlangsung sejak tanggal 14-21Desember, diharapkan mampu menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Seperti dikatakan Kabid. Lingkungan Hidup DKPLH Kota Banjar, H. Basir, SP, MP., ketika ditemui HR, usai menyampaikan pemaparannya di hadapan para peserta sosialisasi yang terdiri Ketua RT/RW, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan Kepala Dusun, di Aula Desa Neglasari, Senin (19/12).

“Kami berharap, hasil dari kegiatan ini peserta mensosialisasikan kembali kepada warganya di masing-masing lingkungan, kemudian melaksanakan sebagaimana yang telah kami sampaikan. Sehingga tujuan dari sosialisasi ini dapat terealisasikan,” ujar Basir.

Namun, lanjut dia, tumbuhnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan jangan didasari karena akan ada penilaian Adipura, tapi harus merasa bahwa menjaga kebersihan lingkungan adalah suatu kebutuhan.

Dengan demikian, ada ataupun tidak adanya penilaian, memelihara kebersihan lingkungan akan menjadi kebiasaan bagi masyarakat. Lantaran, memelihara kebersihan Kota Banjar bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi juga seluruh elemen masyarakat.

Selain itu Basir menjelaskan, bahwa program Adipura adalah suatu program kerja berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup, dalam rangka mewujudkan kota yang bersih dan teduh.

“Bagi Kota Banjar, diharapkan bukan hanya menjadi kota yang bersih dan teduh saja, melainkan menjadi kota yang bersih, sehat, hijau, teduh serta cerdas dan bertaqwa. Karena menjaga lingkungan itu sebagian dari iman, maka wariskanlah lingkungan yang baik untuk kelangsungan hidup anak cucu kita,” kata Basir. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!