Mengedepan Kata “Kita” Daripada “Aku”

16/12/2011 0 Comments

Elok sekali apabila pimpinan daerah bupati dan walikota beserta jajarannya berpikir, memahami bekerja dengan hati menjadikan pusat pemerintahan daerah sebagai dari sejadah panjang, bukan hanya sekedar tempat mencari nafkah, tetapi juga tempat untuk menyempurnakan ibadah.

Dilakukannya transformasi nilai-nilai pemerintahan yang baik dan bersih. Pemerintah yang baik bukanlah tujuan akhir namun tujuan akhir adalah membangunan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, agar terbangun transparansi, akuntabilitas dan responsivitas.

Birokrasi pemerintahan dibawa untuk mengedepan kata “kita“ daripada “aku”, sedikit demi sedikit nilai-nilai individu dihapus dijadikan nilai-nilai organisasi. Pelayanan masyarakat ditekan dengan mengedepankan spirit dahulukan masyarakat, mudahkan pelayanan utama pencapai untuk Indonesia.

Rekayasa organisasi dilakukan dengan membuka kran komunikasi yang seluas-luasnya terhadap masyarakat. Tujuan untuk desakralisasi birokrasi dimana semua kebijakan pemerintah harus bisa diketahui masyarakat dan sebaliknya pemerintah harus tahu hal-hal yang dibutuhkan masyarakat.

Kita berharap dua pemerintah daerah Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar di 2012 nanti melakukan perubahan apa yang kita harapkan di atas. Konsisten menegakan kebijakan anti korupsi. Dapat kita bayangkan bila korupsi sudah tidak merusak kehidupan di negeri kita, yaa itu memang cuma mimpi. Tapi indahkan negeri ini bila mimpi itu terwujud?.

Hati merasa sesak, kata dunia negeri ini masih berada di peringkat ke 4 negara terkorup di dunia. Alaa ..mak. Korupsi di negeri ini bukan hanya koruptor tua saja. Tapi birokrasi muda sudah tertular wabah korupsi. Tipis semakin tipis idealis di negeri ini, apa yang harus kita lakukan untuk mengikis korupsi di negeri ini ?. Apa haruskah kita bertanya kepada rumput yang bergoyang, ada bisikan gaib dari semilir angin. Berdoa dan memohon pertolongan dan perlindungan kepada yang maha halus Ya ..Latif. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!