Musim Penghujan, Warga Khawatir Pohon Besar Tepi Jalan Tumbang

23/12/2011 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Memasuki musim penghujan, masyarakat mengkhawatirkan keberadaan sejumlah pohon besar yang tertanam di pinggir jalan akan tumbang, jika terjadi hujan disertai angin kencang, terlebih pohon tersebut usianya sudah tua.

Seperti dikatakan Rais (46), salah seorang warga Kecamatan Banjar, pada HR, Senin (19/12). Menurutnya, beberapa pohon besar yang dianggap sudah tua itu berada di Jl. Dr. Husen Kartasasmita.

Rais mengaku, dirinya merasa takut tertimpa pohon tumbang apabila melintas di jalan yang di bagian pinggirnya ditumbuhi pohon besar. Untuk itu dia berharap agar Pemerintah Kota Banjar, melalui dinas terkait segera melakukan pemangkasan pada bagian ranting pohon.

“Sekarang ini sering sekali terjadi angin kencang, baik sebelum turun hujan maupun saat hujan. Hal itu dapat mengakibatkan robohnya pohon besar berusia tua, dan tentu saja membahayakan para pengguna jalan. Kalau ada yang tertimpa ranting, siapa yang bertanggung jawab atas kecelakaan tersebut,” ujar Rais.

Ketakutan serupa juga dikatakan Ade (37), salah seorang warga sekitar yang lokasi rumahnya berdekatan dengan pohon besar. Namun bagi Ade, dirinya mengaku khawatir bila pohon besar tersebut tumbang menimpa rumah miliknya.

“Pemerintah harus mengantisipasi, jangan menunggu adanya korban dulu. Hanya dipangkas beberapa bagian yang sudah lapuk, atau dianggap membahayakan warga. Jadi bukan ditebang habis. Kecuali mungkin kalau pohon tersebut kondisinya sudah tua dan berpotensi tumbang jika tertiup angin kencang, baru perlu ditebang habis,” ucapnya. (PRA)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!