Operasi Lilin dan Zebra Lodaya Digelar Sebulan Penuh

Operasi Lilin dan Zebra Lodaya Digelar Sebulan Penuh

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Ciamis gelar Operasi Zebra Lodaya dan operasi pada Bulan Desember tahun ini, hingga awal Tahun 2012.

Kabag Ops, IPDA. H. Sujana, beberapa waktu, saat menggelar operasi di wilayah Jl. Siliwangi Kec. Kawali, mengatakan, operasi tersebut sengaja digelar, menjelang dua momentum, yakni Natal dan Tahun Baru.

Meski demikian, Sujana berharap, operasi tersebut sekaligus dapat menjadi upaya penegakan supremasi hukum, khususnya dalam tata tertib berlalu-lintas. Menurut dia, banyak para pengendara bermotor masih melanggar peraturan lalu lintas.

“Operasi ini dilaksanakan selama satu bulan penuh. Sasarannya, pengamanan dan ketertiban, termasuk soal penggunaan helm, pemeriksaan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM),” katanya.

Kepada HR, Sujana menyebutkan, operasi itu juga untuk meminimalisir angka kecelakaan, menyadarkan masayarakat sadar berlalu-lintas. Yang secaar tidak langsung berimbas pada terciptanya keamanan dan keselamatan. Melalui operasi itu juga, kecelakaan di wilayah Kab. Ciamis berkurang hingga 60 persen.

Sementara itu, Kapolsek Kawali, Kompol AA. Ruhiat, mengatakan, tingkat kesadaran masyarakat terhadap hukum berlalu lintas baru mencapai 30 persen. Menurut dia, pada umumnya masyarakat bukan tak memahami ketentuan perundang-undangan, namun seolah terkesan mengabaikannya.

Untuk itu, lanjut AA, upaya penegakan hukum akan terus dilakukan, melalui kegiatan sosialisasi dan peringatan langsung di lapangan. Dia berharap, setelah operasi selesai, masyarakat dengan sadar diri, menaati segala peraturan ber-lalu lintas.

Salah seorang pengendara yang enggan dikorankan, mengatakan, sedikitnya 25 kendaraan roda dua terjaring operasi zebra. Mayoritas pengendara melanggar, karena tidak menggunakan helm, dan tidak memiliki SIM. (dji)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles