Panen Perdana Pepaya California Capai 5-6 Ton

30/12/2011 0 Comments

Kebutuhan pasar masih terbuka lebar, APPI siap fasilitasi bibit & pemasaran bagi petani

Petani Pepaya california di Desa Waringinsari sedang menimbang hasil panen. Peluang pasar untuk pepaya california masih besar. Foto : Deni Supendi/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Petani pepaya yang tergabung dalam Asosiasi Petani Pepaya Indonesia (APPI) wilayah Desa Waringinsari di Blok Trisna, Desa Waringinsari Kec. Langensari Kota Banjar, melakukan panen raya pepaya california, Senin (26/12).

Endang, Petani Pepaya california, mengatakan, petani pepaya di wilayahnya melakukan panen perdana pada pekan ini. Dia memperkirakan, dari area lahan sekitar 3 hektar itu, hasil panen akan mencapai angka antara lima hingga enam ton.

Menurut Endang, para petani pepaya merasa senang, karena setelah tujuh bulan menunggu, pohon pepaya yang mereka tanam, akhirnya membuahkan hasil. Padahal awalnya, para petani belum dapat memastikan keuntungan dari buah pepaya tersebut.

“Tapi setelah panen ini, kita jadi bisa mengetahui potensi keuntungan dari buah pepaya cukup lumayan besar. Selain itu, hasil panen kita sudah dijamin mendapat pasar,” ungkapnya.

Endang menjelaskan, hasil panen pepaya california didistribusikan langsung ke daerah Pasar Induk Cibitung Bekasi, melalui agen yang bernama H. Ikin. Menurut dia, kebutuhan pepaya california di pasar induk mencapai ratusan ton per-minggunya.

Dalam kesempatan itu, Ketua APPI, Asep Sutari, membenarkan panen raya yang dilakukan petani pepaya di wilayah Desa Waringinsari, merupakan panen untuk pertama kalinya. Dia juga menjamin hasil panen pepaya california bakal habis di pasaran.

“Petani kita baru bisa penuhi kebutuhan di Cibitung Bekasi, sebanyak 6 ton per-minggu. Sementara kebutuhan disana, mencapai puluhan bahkan ratusan ton. Jadi masih banyak peluang buat petani, memperluas lahan tanaman pepaya,” katanya.

Untuk menyiasati permintaan pasar, Asep juga menyediakan bibit bagi para petani yang memiliki lahan, dan ingin membudidayakan varietas pepaya california. Tidak hanya itu, Asep juga bersedia melakukan kerjasama, dengan membeli pepaya california hasil panen petani.

Saat ini, APPI sudah melebarkan sayap, dengan melakukan kerjasama dengan sejumlah petani di wilayah Kab. Ciamis bagian selatan. Kerjasama itu, dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar pepaya california. (deni)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply