Program IB Amankan Stock Sapi

30/12/2011 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Peternakan (Disnak) Kab. Ciamis terus mengupayakan Program Inseminasi Buatan (IB) untuk sapi pedaging jenis PO. Program IB terkonsentrasi di wilayah Cijulang, Cimerak dan Sidamulih. Pasalnya, hal itu dilakukan Disnak untuk mencegah kekurangan persediaan sapi di Kab. Ciamis.

Kabid Produksi Disnak Kab. Ciamis, Yanto Suprianto,SPt.,MP., Jum`at (23/12), di ruang kerjanya, mengatakan, program IB yang dilakukan pihaknya itu didanai dari APBN dan APBD Propinsi.

Meski begitu, kata Yanto, pihaknya juga siap melakukan program IB walau tanpa didana APBN dan APBD Propinsi. Menurut dia, Disnak dan Kelompok Peternak yang dikordinir oleh Koperasi Peternak Sapi Pedaging Ciamis (KPSPC) di Parigi, sudah berkordinasi untuk meralisasikan Program IB melalui swadaya.

“Tujuannya, guna mencegah kekurangan stock sapi perah di Kab. Ciamis. Kami siap melakukannya, karena kami dan kelompok petenak di tiga kecamatan serta KPSPC siap secara swadaya,” ungkapnya.

Yanto menjelaskan, upaya pecegahan berkurangnya stock sapi perah dengan metode IB tersebut, membawa konsekwensi penggenjotan produksi sapi perah baik betina atau jantan, seperti halnya pada tahun 2011 ini.

Dia menyebutkan, pada Januari 2011, peningkatan produksi sapi perah dengan IB menunjukan hasil sebanyak 713 ekor. Sementara terhitung per-Oktober 2011, jumlahnya menjadi 732 ekor sapi baik betina atau jantan.

Pada kesempatan itu, Yanto juga mengutarakan, trend peningkatan produksi sapi IB tertinggi di tahun yang sama jatuh pada bulan November, yakni jumlahnya mencpai 878 ekor sapi.

Selain itu, lanjut Yanto, peningkatan jumlah produksi sapi IB tersebut ditunjang pula oleh kompetensi SDM (Sumber Daya Manusia) para peternak. Di tahun yang sama, peternak asal Cijulang, Cimerak dan Sidamulih berhasil meraih penghargaan, sebagai Peternak Sapi IB terbaik tingkat Nasional.

“Hal itu justru membantu para peternak sapi lainnya di kab. Ciamis, untuk belajar kepada 3 peraih penghargaan tersebut. Keuntungan lainnya, para peternak sapi IB tidak perlu lagi melakukan Study Banding ke kabupaten lain, karena juara ternak IB sendiri ada di Ciamis,” pungkasnya. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply