Situs Astana Gede Sepi Pengunjung

01/12/2011 0 Comments

Disinyalir, Promosi/ Publikasi Kurang Dilakukan Maksimal

Gerbang pintu masuk situs Astana Gede tampak sepi tak ada satupun pengunjung, Foto : Edji Darsono/HR.

Kawali, (harapanrakyat.com),- Pengunjung Cagar Budaya Situs Astana Gede Kawali, di Dusun Indrayasa Kec. Kawali terus menyusut. Pasalnya, salah satu Situs bersejarah di Kab. Ciamis ini minim sarana prasarana, lantaran belum mendapat perhatian serius dari pemerintah.

Eman, seorang juru pelihara Astana Gede, membenarkan kondisi sepinya pengunjung ke kawasan tersebut. Dia menilai, Situs Astana Gede Kawali kalah bersaing dengan Situs lainnya, yang sudah memiliki sarana prasarana pendukung.

Dia menilai, jika sarana prasarana pendukung seperti lahan parkir, kuliner, arena permainan dan lainnya tersedia, jumlah pengunjung ke kawasan Situs Astana Gede dipastikan bakal meningkat.

Selain itu, Eman juga menilai, publikasi dan sosialisasi keberadaan Situs bersejarah di Kawali kurang dimaksimalkan. Dan hal itu dinsinyalir yang mengakibatkan pada turunnya jumlah pengunjung.

Menanggapi hal itu, Tokoh Masyarakat Kawali, Wawan, ketika dihubungi via telepon selulernya, mengatakan, Situs Astana Gede Kawali bukan tempat rekreasi atau hiburan, melainkan sebuah cagar budaya, dan tempat berjiarah.

Namun demikian, Wawan juga berharap jumlah pengunjung bisa meningkat. Hal itu bisa disiasati dengan promosi dan publikasi terhadap kalangan dunia pendidikan, salah satunya melalui mata pelajaran sejarah, seni budaya dan kesenian. (dji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply