SMK Taruna Bangsa dan PT Indosat Gelar “Artis Goes to School”

01/12/2011 Pendidikan
SMK Taruna Bangsa dan PT Indosat Gelar “Artis Goes to School”

SMK Taruna Bangsa dan PT Indosat menggela acara “Artis Goes to School” di halaman sekolah. Foto : Dicky Haryanto Adjid/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taruna Bangsa Ciamis bekerjasama dengan PT. Indosat Area Tasikmalaya, menggelar acara Artis Goes to School dengan menghadirkan group band beraliran alternatif The Titans, serta Boy Band, Girl Band Mikki dan Minni, yang bertempat di halaman sekolah tersebut, beberapa waktu lalu.

Acara Artis Goes to School merupakan program Indosat School Community dari PT. Indosat Area Jawa Barat, bekerjasama dengan beberapa sekolah yang selama ini telah menjadi mitra perusahaan tersebut.

Kepala SMK Taruna Bangsa Ciamis, Agus Gusanto, S.Pd., mengaku, bahwa jalinan yang telah lama dibangun ternyata sangat menguntungkan kedua belah pihak, baik sekolah maupun PT. Indosat sendiri.

“Kami tentunya mengaitkan acara tersebut dengan keawajiban kami sebagai SMK untuk menjalin hubungan dengan dunia usaha, dan dunia industri. Kehadiran artis Ibukota tidak dijadikan media hiburan semata, akan tetapi kami jadikan media pembelajaran kepada siswa-siswi kami akan pentingnya jejaring dengan dunia swasta, dan kemitraan dengan pemerintah daerah,” terangnya.

Pihaknya juga berharap, kegiatan ini akan memberikan efek psikologis kepada para siswa untuk berinovasi dan lebih kreatif lagi dalam berbagai medium pembelajaran, termasuk medium seni.

Karena, pada medium seni sekalipun, inspirasi, inovasi dan kreativitas dirangsang bukan hanya dalam tataran teori semata, melainkan praktek. Terbukti, sambil mengapresiasikan seni, para siswa dan siswi mampu berkomunikasi meski dengan latar belakang orang yang berbeda.

“Terobosan ini akan kami lakukan secara berkala dengan dunia industri maupun pemerintah daerah,” kata Agus.

Hal senada juga dikatakan Manajer Sales Area PT. Indosat Tasikmalaya, Widiarto. Menurutnya, acara tersebut merupakan program kerjasama PT. Indosat dengan Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di wilayah Jawa Barat.

“Sekolah yang kami pilih berpotensi bisa diajak kerjasama untuk membantu pembelajaran siswa dan siswinya. Kami melihat SMK Taruna Bangsa sangat dinamis dalam mengembangkan pembelajaran siswa-siswinya, makanya kami pilih. Kami juga mempunyai beberapa program, diantaranya Cyber School, Trainning Jurnalistik, Indosat Wireless Inovation, IM3 Community, dan program CSR berupa bantuan laptop, VCD pengajaran, seperti Fisika, Matematika dan lain-lain,” jelas Widiarto.

Ditemui disela-sela acara, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Drs. H. Nana Rohena, MM., mengatakan, bahwa langkah yang dilakukan oleh SMK Taruna Bangsa patut menjadi contoh bagi SMK lainnya di Kabupaten Ciamis.

“SMK Taruna Bangsa kembali membuktikan sebagai SMK swasta yang konsisten menjalin hubungan kemitraan yang baik dengan dunia usaha. Langkah ini patut dicontoh sekolah kejuruan lainnya,” ujar Nana.

Sementara itu, Pengelola Yayasan SMK Taruna Bangsa, Firman Yusuf, menambahkan, pagelaran acara tersebut bukan semata sebagai ajang hiburan semata, tapi bisa menjadi ajang visualisasi siswa dan siswinya dalam berhubungan dengan dunia swasta.

“Tantangan  kedepan yang sangat kompleks menjadikan kami harus menempa siswa dan siswi kami dalam berbagai hal positif, tidak hanya dalam teori tapi juga dalam praktek,” kata Firman. (DK)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles