Sukseskan Adipura, DKPLH Gencar Sosialisasi di 26 Desa/Kelurahan

16/12/2011 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Menjelang penilaian Adipura tahun 2012, Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Lingkungan Hidup (DKPLH) Kota Banjar, akan melaksanakan sosialisasi mengenai program Adipura dan pengelolaan lingkungan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di setiap desa/kelurahan yang ada di wilayah Kota Banjar, dan dimulai dari tanggal 14-29 Desember 2011.

Kepala DKPLH Kota Banjar, Ir. Fenny Fachrudin, BE, MM., melalui Kabid. Lingkungan Hidup, H. Basir, SP, MP., mengatakan, sasaran program Adipura adalah untuk mewujudkan kota bersih dan teduh.

Selain itu, juga untuk mewujudkan pemerintah daerah yang mampu dan efektif, serta masyarakat yang partisipatif dalam pengelolaan lingkungan perkotaan.

“Namun, yang paling penting dari semua itu adalah untuk mewujudkan Kota Banjar yang sehat, teduh, hijau, dan bersih. Untuk itu, dalam pelaksanaan sosialisasi nanti, semua bidang akan menyampaikan pemaparannya di desa yang berbeda, sehingga dalam satu hari itu kami bisa melaksakan sosialisasi di tiga desa,” tutur Basir, Selasa (13/12).

Lebih lanjut dia mengatakan, evaluasi kabupaten/kota peserta program Adipura terdiri dari pemantauan fisik dan penilaian non fisik yang diatur dalam pedoman.

Untuk penilaian non fisik dilaksanakan satu kali dalam satu tahun. Sedangkan kriteria penilaian fisik diantaranya perumahan, sarana kota, sarana transportasi, perairan terbuka, sarana kebersihan dan pantai wisata.

Sementara itu, titik pantau penilaian Adipura di Kota Banjar meliputi perumahan menengah, jalan arteri, jalan kolektor, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, rumah sakit, taman kota, hutan kota, terminal, stasiun, sungai, TPA, dan komposting.

“Partisipasi masyarakat secara nyata turut mensukseskan program Adipura. Contohnya, pengelolaan lingkungan berdasarkan Undang-Undang 32 tahun 2009, dan pengelolaan persampahan berdasarkan Undang-Undang nomor 18 tahun 2008,” kata Basir.

Sedangkan, tujuan dari pengelolaan sampah yaitu untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, meningkatkan kualitas lingkungan serta menjadikan sampah sebagai sumber daya. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!