Tahun 2011 Kota Banjar Miliki 8 Kampung KB

01/12/2011 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Sejak tahun 2009, keberadaan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Kota Banjar jumlahnya terus bertambah. Berdasarkan data yang ada di Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kota Banjar, tercatat pada tahun 2010 jumlahnya sebanyak 5 Kampung KB dan di tahun 2011 menjadi 8 Kampung KB.

Menurut Kepala BKBPP Kota Banjar, Drs. Obang Subarna, bahwa program tersebut merupakan program dari pemerintah pusat sejak tahun 2007. Namun, khusus untuk Kota Banjar dilaksanakan pada tahun 2009.

“Tujuan diadakannya Kampung KB ini yaitu, untuk menekan angka kelahiran di Kota Banjar, menekan angka kematian ibu dalam proses melahirkan, pembinaan bagi anak, dan sasaran akhirnya adalah kampung mandiri,” jelas Obang, pekan lalu pada HR.

Selain itu, juga untuk mensejahterakan masyarakat agar berminat menjadi keluarga berencana. Bagi masyarakat yang menginginkan ber-KB dapat menghubungi Unit Pelayanan Teknis (UPT) di kampungnya masing-masing.

Karena, setelah diadakannya Kampung KB, maka pemerintah mendirikan kantor UPT di setiap wilayah supaya memudahkan masyarakat untuk mendapatakan pelayanan mengenai KB.

Dikatakan Obang, suksesnya program tersebut tidak luput dari peran serta aparatur pemerintah mulai dari bawah sampai tingkat pusat, dan adanya peran serta dari masyarakat yang tinggi.

Sehingga, pada tahun 2011 ini Kota Banjar masuk dalam 30 besar dari 500 kabupaten/kota, dalam segi pelayanan program KB. Dan, diharapkan tahun 2012 mendatang, Kota Banjar bisa lebih berprestasi dan masuk 12 besar dalam mensukseskan program Kampung KB.

“Kami berharap program ini bisa berjalan sebagaimana mestinya, dan peran serta masyarakat lah yang menjadikan Kampung KB di Kota Banjar ini berjalan sukses. Jadi, dua anak akan lebih baik dan sejahtera,” harapnya. (AM)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!