Warga Lumbung Dambakan Revitalisasi Pasar Desa

01/12/2011 0 Comments

Pasar tradisional Lumbung terkesan kumuh. Warga masyarakat dan pemerintah desa berharap pihak Pemerintah Kabupaten Ciamis secepatnya melakukan revitalisasi pasar. Foto : Edji Darsono/HR.

Lumbung, (harapanrakyat.com),- Sejumlah kalangan di Desa Lumbung mendambakan revitalisasi pasar desa. Revitalisasi itu dalam rangka, merubah kesan pasar tradisional dari tempat kumuh, menjadi pasar yang memiliki kenyamanan.

Menurut mereka, aktifitas perekonomian di pasar tradisional Desa Lumbung tergolong tinggi. Mereka juga menilai, wajar jika Pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap jantung perekonomian warga Desa Lumbung tersebut.

Tokoh Pemuda Desa Lumbung, Usman Rusmana, beberapa waktu yang lalu, mengungkapkan keinginannya, agar peminat pasar tradisional dapat meningkat, dan perputaran ekonomi di kalangan rakyat kecilpun semakin kuat.

Usman mengatakan, dua tahun silam, petugas dari kabupaten telah mengukur dan mengambil gambar (foto) kondisi pasar Desa Lumbung. Kala itu, dia menduga, pasar Desa Lumbung akan segera ditata dan dibangun menjadi pasar yang lebih representatif.

Namun, entah karena alasan apa, rencana penataan dan pembangunan pasar, pasca pengukuran, tidak kunjung terealisasi. Padahal, ketika itu, aktifitas perekonomian di pasar tersebut sedang tinggi-tingginya.

Di tempat terpisah, Kaur Kesra Desa Lumbung, Sirod, belum lama ini, membenarkan, penataan dan pembangunan pasar Desa Lumbung sudah direncanakan sejak dua tahun lalu.

Menurut Sirod, pihak desa sudah mengajukan perbaikan, penataan dan pembangunan pasar tradisional Desa Lumbung, kepada Pemkab. Ciamis. Tujuannya, agar aset desa Lumbung itu dapat membantu meningkatkan potensi PAD (Pendapatan Asli Desa). Selain itu, dia juga berharap, kondisi pasar Desa Lumbung terlihat lebih menarik.

“Hanya saja, keinginan warga memiliki pusat perekonomian yang lebih nyaman, belum bisa terwujud hingga sekarang,” katanya.

Endah, pedagang pasar Desa Lumbung, mengungkapkan harapannya, untuk menempati pasar yang lebih nyaman dan dapat menarik minat pengunjung. Dia memperkirakan, seandainya hal itu terwujud, aktifitas perekonomian di pasar Lumbung bisa lebih meningkat. (dji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!