Disbudpar Gencarkan Promo Wisata Ciamis Selatan

06/01/2012 0 Comments

Peningkatan Jumlah Pengunjung Mencapai angka 50 persen

Ciamis, (harapanrakyat.com),Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kab. Ciamis melakukan strategi baru dalam mempromosikan kawasan objek wisata yang ada di wilayah Ciamis Selatan. Strategi itu digelar pada saat puncak peringatan malam tahun baru 2012.

Kabid Destinasi Disbudpar, Dra. Lilis Kusmayati, MSi, Senin (2/1) di ruang kerjanya, mengatakan, pada malam tahun baru 2012, pihaknya bekerjasama dengan Destination Managemen Organization (DMO) atau Organisasi Tata Kelola Destinasi Pangandaran, menggelar promosi dengan berbagai penawaran pagelaran wisata.

Penawaran itu diantaranya, pagelaran Ronggeng Gunung, Wisata Kuliner Pindang gunung, Wisata Taman Obat di Desa Sidomulyo Pangandaran, wisata Sepeda gunung, Pemandian di Sungai Citumang Parigi, dan Surfing di pantaio Batukaras.

“Biasanya pesta kembang api yang mendominasi malam tahun baru di Pangandaran. Namun kali ini, kami membuat penawaran yang berbeda bagi pengunjung,” ungkapnya.

Upaya yang dilakukan pihak Disbudpar dengan DMO yakni dengan menyebarkan 30 ribu leaflet, yang berisi peta wisata, dan sejumlah paket kunjungan wisata lainnya. Dia juga menyebutkan, jumlah kunjungan wisatawan pada akhir tahun 2011 meningkat hampir  50 persen, dari 31 ribu menjadi 47 ribu pengunjung.

Lilis berharap, dengan program kerjasama dengan DMO dan promosi yang digencarkan pihaknya itu, jumlah pengunjung/ kunjungan dapat meningkat pada momen-momen lainnya. Termasuk soal penciptaan Image, bahwa Pangandaran tidak hanya menawarkan eksotisme pantainya saja.

Masih menurut Lilis, pihaknya juga mencantumkan sejumlah informasi wisata dan nomor telepon penting seperti, hotel dan jasa lainnya, untuk mempermudah keperluan para wisatawan yang berkunjung. Tidak hanya itu, pihaknya bersama DMO juga menyebar 8 ribu kantung sampah, 2 unit Dum trcuk, 10 Motor viar pengkut sampah, dan beroperasi selama 24 jam.

Dihubungi terpisah, Ketua Paguyuban Seni Sukahurip, Sutiyon, menilai, startegi yang dilakukan Pemkab Ciamis melalui Disbudpar dan DMO berhasil.

“Karenanya, wisatawan mengetahui kalau Ronngeng gunung dan Pindang Gunung bisa dinikmati di Desa kami, meski harus menempuh perjalanan 5 kilometer dari Pantai Pangandaran. Dan terbukti banyak wisatawan membeli paket wisata dengan tarif Rp. 250 ribu perorang,” ungkapnya.

Ocit, Pemandu Wisata Sungai Citumang Parigi, mengatakan, jumlah kunjungan ke wilayah Parigi lumayan meningkat. Peningkatan itu berkat startegi dan upaya yang dilakukan pemerintah.

Namun begitu, Sutiyon dan Ocit berharap, perbaikan infrastruktur jalan menuju kawasan wisata di Ciamis Selatan perlu mendapat perhatian. Hal itu untuk memperlancar transportasi para pengunjung. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!