Disdik & Polres Ciamis Gelar Bintek PKS

28/01/2012 0 Comments

sejumlah pembina PKS dari seluruh sekolah SMA, SMK negeri dan juga swasta menghadiri acara pembinaan yang diadakan di SMA 2 Ciamis, mereka nampak serius mendengarkan yang diberikan jajaran keplosisian resert polres ciamis. Foto : Eli Suherli/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Untuk memantapkan kembali kedisiplinan di kalangan anak sekolah, Dinas Pendidikan Kab. Ciamis bekerjasama dengan Polres Ciamis, mengadakan Bimbingan Teknis Patroli Keamanan Sekolah (PKS), kepada pembina PKS SMA, SMK Negeri dan Swasta se-Kab. Ciamis tahun 2012.

Kegiatan yang diadakan di SMAN 2 Ciamis ini dihadiri semua pembina PKS dari seluruh SMA dan juga SMK Negeri serta Swasta, yaitu hampir sekitar 200 pembina yang hadir.

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi dalam masalah kedisiplinan siswa di sekolah juga di luar sekolah, serta pengenalan seluruh rambu-rabu jalan. Karena hampir seluruh anak sekolah sekarang sudah menggunakan kendaraan ketika berangkat sekolah.

Iptu Maylawati, Pemateri, ketika ditemui HR, Jum`at (20/1), menjelaskan, bimbingan yang diberikan oleh jajaran Polres Ciamis ini sangatlah penting terhadap pembina PKS di seluruh sekolah SMA dan juga SMK, karena bisa memberikan pengertian kepada anggota PKS di sekolah masing-masing.

“Bimbingan ini sebagai muatan lokal yang nantinya disampaikan dan dipraktekkan dalam kehidupan siswa di sekolah, bahkan di luar sekolah, supaya mereka mengerti arti pentingnya aturan-aturan dalam menjalankan kehidupan yang lebih baik,” tutur Maylawati.

Lanjut dia, siswa-siswi sekarang ketika berangkat ke sekolah sudah menggunakan kendaraan sendiri, sehingga dengan adanya bimbingan ini mereka mengerti akan aturan yang diterapkan oleh aparat kepolisian, dengan begitu tidak akan terjadi pelanggaran.

Selain itu, yang paling utama lagi kedisiplinan setiap pembimbing dalam mejalankan pembelajaran yang diberikan kepada anggota PKS, supaya dalam setiap kegiatan bisa menerapkannya dengan baik, agar mereka mengerti dalam menjalankan tugas nantinya.

“Sangatlah penting setiap kali adanya bimbingan, nantinya siswa yang menjadi anggota PKS bisa menjalankan tugasnya dengan baik dalam memberikan keamanan terhadap siswa di sekolah,” kata Maylawati.

Kabid. Dikmen Dinas Pendidikan Kab. Ciamis, Nana Ruhena, mengatakan, kegiatan bimbingan ini dilakukan kepada seluruh pembina PKS tahun ajaran 2011/2012, supaya memanfaatkan kembali penjabaran aturan dan pelaksanaan tugas sebagai petugas keamanan sekolah.

Hingga saat ini, pelaksnaan PKS kurang diminati siswa, namun dengan bimbingan ini diharapkan banyak siswa yang masuk menjadi anggota PKS di sekolah masing-masing. Tujuannya untuk menjada citra sekolah itu sendiri, dan nantinya bisa membawa nama baik sekolah pula.

“Kedisiplinan sangatlah penting bagi seluruh pembimbing dan juga siswa, yang nantinya membawa prestasi bagi setiap siswa di SMA dan juga SMK, baik negeri maupun swasta. Dan yang penting lagi, bimbingan ini diberikan supaya seluruh orang mengerti, tidak hanya siswa saja mengerti,” kata Nana . (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply