Distan Janji Alokasikan Bantuan Mesin & Timbangan Buat Petani Pepaya

06/01/2012 0 Comments

APPI Kota Banjar tunggu keseriusan realisasi usulan tahun 2011 lalu itu

Banjar, (harapanrakyat.com),- Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian (Distan) Kota Banjar merencanakan pemberian bantuan bagi para petani pepaya california yang ada di Kota Banjar. Bantuan itu berupa mesin penggiling, pembuat saos berbahan pepaya dan alat timbang.

Hal itu disampaikan Kabid Tanaman Pangan, Yuswarman, Senin (2/1) di ruang kerjanya. Menurut dia, dari data yang ada di pihaknya, area tanaman pepaya di Kota Banjar sudah mencapai sekitar 83 hektar.

“Area tanaman pepaya california itu, tersebar hampir di semua kecamatan. Bantuan mesin dan alat timbang itu sudah kita usulkan, dan mudah-mudahan bisa terealisasi pada tahun 2012 ini,” katanya.

Yuswarman menjelaskan, pemberian bantuan berupa mesin dan alat timbang tersebut rencananya akan diserahkan kepada kelompok tani (Koptan) penggarap tanaman pepaya california se-Kota Banjar.

“Bantuan itu, merupakan upaya kita (Distan) untuk membantu petani pepaya dalam mengolah hasil panen pepaya kualitas (grade) kedua. Namun begitu, bantuan ini juga merupakan usulan dari petani,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Ketua Asosiasi Petani Pepaya Indonesia (APPI), Asep Sutari, masih mempertanyakan bantuan mesin dan alat timbang tersebut. Padahal menurut dia, bantuan itu dijanjikan bakal terealisasi tahun 2011 lalu.

“Bantuan mesin dan alat timbang yang dijanjikan lalu oleh Distan belum ada sampai sekarang. Mudah-mudahan saja terealisasi tahun ini,” ungkapnya.

Sementara itu, hasil pantaun HR pada minggu ini, Petani pepaya di wilayah Blok Trisna, Desa Waringinsari Kec. Langensari Kota Banjar, melakukan panen raya pepaya california.

Panen pepaya di wilayah Trisna itu merupakan panen perdana. Bahkan, dari area lahan sekitar 3 hektar itu, hasil panen pepaya kalifornia mencapai lima hingga enam ton.

Sedangkan dari angka tersebut, 10 hingga 30 persen hasil panen pepaya memiliki kualitas/ grade kedua. Harga pepaya kualitas/ grade kedua ini berbeda dengan kualitas/ grade pertama, perbedaannya hingga 50 persen.

Rencananya, APPI akan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, untuk pengolahan pepaya kualitas/ grade kedua. Diantarnya, diolah menjadi dodol pepaya, bahan dasar sabun, dan bahan kosmetik kecantikan lainnya. (deni)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!