Jalan Penghubung Cikupa-Kawali Amblas

Jalan Penghubung Cikupa-Kawali  Amblas

(Akibat Hujan)

Bencana longsor akses jalan menuju Desa Cikupa yang berada di Blok Lebak mengakibatkan kendaraan tak bisa lewat, biaya ekonomi masyarakat menjadi bengkak . Foto : Edji Darsono/HR.

Lumbung, (harapanrakyat.com),- Jalan penghubung antara Desa Cikupa. Kec. Lumbung dengan Kec. Kawali, Kab. Ciamis saat ini tidak dapat dilalui kendaraan, karena lebih dari separuh badan jalan longsor akibat diguyur hujan deras yang terjadi Rabu, (28/12).

Kepala Desa Cikupa, Edi, saat ditemui HR di lokasi longsor, Kamis (29/12), mengatakan, salah satu cara untuk mengantisipasi agar jalan bisa dilewati kendaraan, pihaknya akan melakukan pelebaran jalan melalui tanah milik warga yang ada di sekitar lokasi. Hanya saja masalah tersebut perlu dimusyawarahkan dahulu.

Sedangkan, Kasi. Pembangunan Kec. Lumbung, Endi, menilai, walaupun dilakukan pelebaran jalan, namun ada kemungkinan terjadi lagi longsor susulan. Karena, bagian tebing jalan akan terus digerus oleh air yang meluap dari saluran lengsar.

“Longsornya jalan terjadi akibat gorong-gorong yang berada di saluran lengsar mampet, sehingga air meluap membanjiri jalan tersebut,” kata Endi.

Ade, salah seorang warga setempat, mengatakan, apabila bencana longsor tidak segera ditangani Dinas PSDA, maka biaya transportasi yang harus dikeluarkan warga akan bertambah, sebab untuk bisa sampai ke kota Kawali harus melalui jalan ke Sukaharja-Lumbung. (dji)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles