Jalan Utama Desa Jelat Terancam Putus Akibat Longsor

13/01/2012 0 Comments

seorang pengendara sepeda motor “was-was” saat melintasi. Pasalnya, penyangga jalan di wilayah itu ambrol. Akibatnya, lebar badan jalan menjadi lebih sempit. Foto : Eli Suherli/HR.

Baregbeg, (harapanrakyat.com),- Pengguna jalan baik roda dua dan empat yang melintasi daerah Cisepet-Desa Jelat Kec. Baregbeg harus berhati-hati, lantaran kondisi tebing yang menyangga jalan di wilayah itu ambrol. Akibatnya, lebar badan jalan menjadi lebih sempit.

Udin (50), warga sekitar, Sabtu (7/1), mengatakan, kondisi tebing jalan yang longsor itu sudah lama dibiarkan tanpa perbaikan. Dia khawatir, longsoran tanah akan terus terjadi, apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini.

“Jika kondisi itu dibiarkan, tidak menutup kemungkinan akses jalan utama menuju Desa Jelat bisa terputus. Musim hujan mengakibatkan tanah yang ada ditebing jalan menjadi mudah terkikis air,” ungkapnya.

Dia juga mengutarakan, longsoran tebing jalan terjadi akibat derasnya air yang mengalir di selokan yang ada di sekitar tebing. Udin berharap, Pemerintah Kab. Ciamis membantu mencari cara untuk menindaklanjuti kekhawatiran pengguna jalan tersebut.

Sekmat Baregbeg, A. Herya, ketika dihubungi HR via telpon selulernya, mengatakan, pihkanya akan meninjau langsung lokasi longsoran itu. Kemudian, pihaknya baru akan mendiskusikan soal perbaikan tebing jalan tersebut.

Herya mengakui, seandainya tebing jalan tersebut tidak segera diperbaiki, akan mengancam keselamatan para pengguna jalan.

Di tempat terpisah, Anggota Komisi III DPRD Kab. Ciamis dari F-P. Demokrat, Totong Herawan, mengaku siap mefasilitasi pihak Desa Jelat untuk memperoleh bantuan perbaikan tebing jalan yang longsor. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!