Kuatkan Kelembagaan, BUMDES Waringinsari Terus Berinovasi

28/01/2012 0 Comments

Gelar undian berhadiah bagi nasabah & berikan santunan sembako bagi 50 jompo

Sebagai bentuk kepedulian sosial pengelola BUMDES Waringinsari kepada para lansia, Istri Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih Sutrisno, S.IP, didampingi Direktur BUMDES Waringinsari, Nanang Supendi, SE, memberikan santunan berupa sembako kepada 50 orang warga jompo. Foto : Deni Supendi/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Pengelola BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) Waringinsari merencanakan pengembangan usaha bidang perdagangan, di tahun 2012. Rencana tersebut ditujukan untuk meningkatkan kekuatan lembaga keuangan BUMDES di tingkat desa.

Hal itu disampaikan Direktur BUMDES Waringinsari, Nanang Supendi, SE, ketika ditemui HR, Selasa (24/1), seusai acara Laporan Perkembangan Dana BUMDES Waringinsari Tahun 2011, di aula desa.

Nanang juga berharap, pengembangan usaha bidang perdagangan yang akan dilakukan BUMDES, nantinya bisa memberikan pengaruh terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Waringinsari.

Dalam laporan perkembangan dana BUMDES, Nanang menyebutkan, pada tahun 2011, pihaknya sudah menyalurkan Kredit Modal Usaha sebesar Rp. 1.643.700.000. Sementara kredit Konsumtif (Barang) mencapai angka Rp. 12.400.000.

Sedangkan sisa hasil usaha (SHU) yang diperloleh BUMDES selama tahun 2011, mencapai Rp 120 juta. Kemudian, ditambah dengan penambahan aset BUMDES Waringinsari senilai Rp 50 juta.

“Alhamdulillah, perkembangan dana di BUMDES Waringinsari mengalami peningkatan,” ungkap Nanang.

Dia juga mengutarakan, dalam rangkaian kegiatan tersebut, pihaknya memberikan santunan berupa sembako (Sembilan kebutuhan pokok), bagi 50 orang warga jompo. Tujuannya, sebagai bentuk kepedulian sosial pengelola BUMDES Waringinsari kepada para lansia (lanjut usia).

Tidak hanya itu, BUMDES Waringinsari juga menggelar undian berhadiah bagi nasabahnya. Hal itu sebagai apresiasi kepada nasabah yang taat dan menyelesaikan kewajibannya terhadap BUMDES.

“Kegiatan tersebut juga untuk memotivasi bagi nasabah yang lain, untuk menaati komitmen yang sudah disepakati bersama,” ungkapnya.

Di tempat yang sama,             Kades Waringinsari, Liwon Saryo, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pengelola. Menurut dia, kegiatan santunan dan undian yang dilakukan pengelola BUMDES, sangat inovatif.

Liwon berharap, BUMDES Waringinsari terus melakukan gebrakan, untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di desanya. “Kegiatan seperti ini harus dipertahankan. Tahun depan harus lebih greget,” ungkapnya.

Walikota Banjar dan istri Ajak Warga Biasakan Menabung

Wali Kota Banjar, dr. DR. H. Herman Sutrisno MM, bersama Istri, Hj. Ade Uu Sukaesih, yang hadir pada acara tersebut, menghimbau agar warga Desa Waringinsari membiasakan diri untuk menabung.

Menurut Herman, warga bisa menjalin komunikasi dengan pengelola BUMDES, ketika ingin menyimpan atau meminjam sejumlah uang. Menurutnya, BUMDES harus bisa memberikan manfaat bagi warga, agar kesejahteraan ekonomi bisa terwujud.

Dengan begitu, pengelola BUMDES Waringinsari, secara tidak langsung berperan aktif dalam mengatur perekonomian masyarakat. Untuk itu, inovasi pengembangan dana BUMDES perlu terus dilakukan. (deni)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply